Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kim Jong Un Sebut Pyongyang dengan Beijing Sudah seperti Keluarga

Kompas.com - 21/06/2018, 19:16 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber SCMP

PYONGYANG, KOMPAS.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menunjukkan hubungannya yang semakin erat dengan Presiden China Xi Jinping, usai kembali dari kunjungannya yang ketiga dalam tiga bulan terakhir ke Beijing.

Kim kembali menemui Presiden Xi dalam kunjungan dua hari hingga Rabu (20/6/2018). Pada kesempatan pertemuan itu Kim menyampaikan pada Presiden Xi hubungan kedua negara yang sudah seperti keluarga.

Kunjungan ketiga Kim ke Beijing itu dilakukan hanya selang sepekan usai pertemuannya dengan Presiden AS Donald Trump di Singapura.

"Kunjungan ke China kali ini menjadi kesempatan untuk memperdalam persahabatan antara saudara Sekretaris Jenderal (Xi) dengan saya, dan memajukan hubungan antara DPRK (Korea Utara) dengan China," kata Kim seperti dikutip Xinhua.

Baca juga: Kim dan Xi Bertemu Bahas Peran China di Semenanjung Korea

Kim menyebut Presiden Xi dengan kapasitasnya sebagai ketua Partai Komunis China yang berkuasa.

Intensitas pertemuan kedua pemimpin yang tergolong tinggi itu menunjukkan hubungan antarnegara, yang meski tak terlibat langsung dalam pertemuan Trump-Kim, namun China terbukti masih berpengaruh.

Kantor berita Korea Utara, KCNA, mengutip ucapan Xi yang mengatakan hubungan kedua negara telah berkembang ke tahap selanjutnya.

Dalam kunjungan ketiganya itu, Kim didampingi pejabat tinggi bidang ekonomi, yang juga adalah perdana menteri Korea Utara, Pak Pong Ju.

Bagi Pak Pong Ju (79), ini adalah kali pertama dia menjejakkan kaki ke China. Dia mendampingi Kim mengunjungi Akademi Ilmu Pertanian.

Bidang Ekonomi

Para pakar melihatnya sebagai ambisi Kim untuk meningkatkan hubungan ekonomi dengan Beijing.

Juru bicara Kementerian Unifikasi Korea Selatan, Baek Tae-hyun menyebut keterlibatan Pak Pong Ju menunjukkan Pyongyang telah melebarkan tim perundingannya.

Baca juga: Kim Jong Un Berkunjung Ke China Selama Dua Hari

Mantan Duta Besar Korea Selatan untuk Rusia, Wi Sung-rak menyebut keikutsertaan Pak Pong Ju dalam tim yang dibawa Kim kali ini membuktikan jika Korea Utara tengah membangun momentum untuk pengembangan ekonomi.

"Ekonomi sepertinya menjadi salah satu bidang ketertarikan utama Kim saat ini, selain juga upaya bekerja sama dengan China untuk dapat mengakhiri sanksi PBB," kata Wi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com