Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kim dan Xi Bertemu Bahas Peran China di Semenanjung Korea

Kompas.com - 19/06/2018, 12:50 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Fox News

BEIJING, KOMPAS.com - Pakar mempunyai prediksi apa tujuan Pemimpin Korea Utara (Korut) bertemu dengan Presiden China Xi Jinping.

Pakar di Pusat Studi Internasional dan Strategis, Bonnie Glaser, berkata keduanya bakal membahas hasil pertemuan Kim dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump.

Trump dan Kim bertemu di Singapura pekan lalu (12/6/2018), dan menghasilkan deklarasi di antaranya Korut sepakat melakukan denuklirisasi total.

Baca juga: Kim Jong Un Berkunjung Ke China Selama Dua Hari

"Saya memprediksi mereka bakal berbicara soal langkah ke depan, dan prioritas apa yang harus dikedepankan," tutur Glaser dilansir AP via Fox News Selasa (19/6/2018).

Prioritas itu, dari perspektif China, adalah mereka harus dilibatkan dalam setiap perjanjian damai dan penciptaan kondisi di Semenanjung Korea.

Penciptaan kondisi tersebut diperlukan untuk membuat AS tidak memiliki alasan menempatkan pasukannya di Korea Selatan (Korsel).

Keberadaan pasukan AS di Korsel, dan dibarengi latihan militer tahunan bernama Foal Eagle dan Key Resolve sering dituding Korut mengancam keamanan mereka.

"Xi mengerahkan segala pengaruhnya di balik layar. Jadi, saya menduga dia ingin mendengar langsung dari Kim hasil pertemuan dengan Trump," kata Glaser.

Sebelumnya, Kim diberitakan bakal mengunjungi China, yang terlihat ketatnya pengamanan jalan raya yang menuju bandara.

Di ibu kota Korut Pyongyang, satu-satunya penerbangan Air Koryo dengan rute tujuan Beijing telah ditunda tanpa alasan jelas.

Hal tersebut biasanya terjadi ketika Kim memutuskan untuk bepergian ke suatu tempat.

Hubungan Korut dan China sempat memburuk ketika Kim mengeksekusi mati pamannya, Jang Song Taek, dengan cara dimakan 120 anjing liar pada Desember 2013.

Jang, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi Pertahanan Nasional, dikenal sebagai sosok sentrak pengendali hubungan Korut dan China.

Baca juga: Kim Jong Un Ucapkan Selamat Ulang Tahun ke Xi Jinping

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Fox News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com