Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terminal Bandara di Thailand Terbakar, 1.000 Penumpang Dievakuasi

Kompas.com - 26/01/2018, 12:31 WIB
Veronika Yasinta

Penulis


KHON KAEN, KOMPAS.com - Lebih dari 1.000 penumpang harus dievakuasi dari bandara Khon Kaen, di distrik Muang, Thailand, setelah salah satu terminalnya mengalami kebakaran pada Jumat (26/1/2018) pagi waktu setempat.

Dilansir dari Bangkok Post, bandara tersebut kini telah ditutup. Seluruh penerbangan, baik keberangkatan maupun kedatangan, dialihkan ke Udon Thani.

Kebakaran menyebabkan listrik padam dan evakuasi darurat terhadap lebih dari 1.000 penumpang yang sedang menunggu keberangkatan pesawat.

Petugas layanan darurat yang merespons cepat melaporkan api muncul sekitar pukul 07.00 waktu setempat.

Baca juga : Turis Indonesia Termasuk Paling Doyan Belanja di Bandara Changi

Polisi dan petugas pemadam kebakaran segera tiba dan mendapati terminal 3 bandara Khon Kaen telah diselimuti asap berwarna hitam.

Api muncul dari lantai 3 bangunan, kemudian menyebar secara cepat ke atap dan merusak sistem saluran udara.

Petugas pemadam kebakaran menghabiskan waktu lebih dari satu jam untuk mematikan kobaran api. Lebih dari 40 persen atap hancur dilalap api.

Gubernur provinsi Kanchanaburi, Somsak Jangtrakul, mengatakan kendati api telah dipadamkan, namun bangunan terminal masih dipenuhi oleh asap dan puing-puing.

Baca juga : Singa Gunung Bikin Pesawat di AS Gagal Mendarat

Sistem check-in penumpang juga terkena imbas sehingga seluruh penerbangan harus ditutup untuk sementara.

Somsak mengatakan semua jadwal kedatangan pesawat akan dialihkan ke bandara Don Mueang, Subarnabhumi, dan Chiang Mai, kemudian diarahkan ke bandara Udon Thani, yang juga menangani keberangkatan menuju Phuket.

Pemerintah provinsi belum dapat mengetahui kapan bandara akan kembali beroperasi. Di sisi lain, inspeksi khusus akan diterjunkan untuk memastikan bandara aman bagi keselamatan publik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com