Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diduga Punya 25 Jam Tangan Mewah, Wakil PM Thailand Disorot

Kompas.com - 18/01/2018, 16:49 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Daily Mail

BANGKOK, KOMPAS.com - Orang nomor dua di junta militer Thailand, Prawit Wongsuwan menjadi perhatian akibat sejumlah fotonya yang beredar sejak kudeta militer 2014.

Apa yang aneh dengan foto-foto itu? Ternyata dalam foto-foto itu Prawit terlihat mengenakan 25 jam tangan mewah yang berbeda yang jika ditotal bernilai 1,2 juta dolar AS atau sekitar Rp 16 miliar.

Sejak Desember lalu, Prawit dalam tekanan setelah sebuah akun Facebook bernama "CSI LA" mulai membahas jam tangan mahal wakil perdana menteri Thailand ini.

Selama tiga tahun terakhir, Prawit terlihat mengenakan 11 tipe jam tangan Rolex, delapan tipe Patek Philippes, dan tiga tipe Richard Milles.

Baca juga : China Berantas Korupsi, Penjualan Jam Tangan Mewah Swiss Menurun

Akun media sosial itu kemudian mendesak badan anti-korupsi Thailand menyelidiki bagaikana Prawit bisa memiliki sedemikian banyak jam tangan mewah itu.

Jam tangan yang disorot itu termasuk sebuah Patek Philippe Complication Annual Calendar, yang mengandung emas putih 18 karat yang diyakini bernilai setidaknya Rp 590 juta.

Foto lain memperlihatkan Prawit mengenakan jam tangan GMT Master II yang terbuat dari emas 18 karat dengan harga sekitar Rp 519 juta.

Tekanan ini membuat Prawit pada Rabu (17/1/2018) menyatakan dia akan mundur dari jabatannya jika badan anti-korupsi menyatakan dirinya bersalah.

Di hari yang sama akun "CSI LA" kembali mengunggah harga beberapa jam tangan milik Prawit setelah sebuah foto terbaru memperlihatkan sang jenderal mengenakan jam tangan Patek Philippe dalam sebuah acara pada 2014.

"Kami mencatat 25 jam tangan mewah bernilai lebih dari 1,2 juta dolar, termasuk 11 Rolex, delapan Patek Philippe, dan tiga Richard Mille," demikian kata akun tersebut.

Pemilik akun "CSI LA" juga meminta 750.000 "followers-nya" mencari foto-foto lain Prawit yang mengenakan jam tangan berbeda.

Baca juga : Jam Tangan Mewah Senilai Rp 48,6 Miliar Dicuri di Paris

Sejauh ini Prawit belum berkomentar soal jumlah jam tangan seperti yang disampaikan akun "CSI LA".

Namun, pada Selasa (16/1/2018), Prawit mengatakan, beberapa temannya meminjamkan jam tangan mewah itu. Dia mengaku sudah mengembalikan jam tangan tersebut.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com