Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jet AS Cegat dan Beri Tembakan Peringatan ke Arah Sukhoi Rusia

Kompas.com - 15/12/2017, 11:36 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

DAMASKUS, KOMPAS.com - Sebuah jet tempur F-22 milik AU Amerika Serikat melepaskan peluru suar ke arah jet Su-25 milik Rusia.

Pesawat jet Rusia itu memasuki wilayah yang disepakati sebagai kawasan non-konflik. Demikian disampaikan seorang pejabat AS.

Kepada kantor berita Reuters mengatakan, jet Rusia yang sempat berada di atas Sungai Eufrat itu langsung pergi setelah dua jet AS itu memberi tembakan peringatan.

Seorang pejabat mengatakan, "perjumpaan"jet-jet tempur AS dan Rusia itu berlangsung selama beberapa menit.

Baca juga : Bisakah Jet Siluman J-20 Buatan China Mengalahkan Dominasi F-22 Raptor?

Pusat Komando AU Amerika Serikat mengindikasikan, di masa lalu jet-jet Rusia sudah beberapa kali melintasi wilayah yang ditetapkan bebas dari konflik ini.

Pada akhir November, AS mengklaim Rusia melintasi batas di dekat Sungai Eufrat sebanyak enam sampai delapan kali sehari.

Kondisi ini sangat memprihatinkan karena dikhawatirkan akan memicu bentrok antara pasukan AS dan Rusia.

"Satu hal yang kami khawatirkan adalah menembak jatuh satu pesawat Rusia karena mereka dianggap mengancam pasukan darat kami," kata Letkol Damien Pickart, juru bicara Komando Pusat AU Amerika Serikat kepada CNN.

"Seperti yang berulang kali disampaikan pimpinan koalisi, kami di sini untuk memerangi ISIS dan bukan Rusia atau pihak lainnya," tambah Pickart.

Sungai Eufrat digunakan sebagai batas antara kedua pasukan, di mana kelompok yang didukung AS beroperasi di sisi timur dan Rusia di sisi barat sungai.

Baca juga : AS Kirim Dua Jet F-22 ke Romania untuk Imbangi Rusia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com