Aborsi Jadi Ilegal Tanpa Pengecualian di Brasil - Kompas.com

Aborsi Jadi Ilegal Tanpa Pengecualian di Brasil

Veronika Yasinta
Kompas.com - 14/11/2017, 10:57 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.


RIO DE JANEIRO, KOMPAS.com — Ribuan perempuan memadati jalan di Rio de Janeiro pada Senin (13/11/2017) memprotes pengesahan amandemen aturan tentang aborsi di Brasil.

Komite kongres di Brasil telah mengesahkan undang-undang tentang aborsi sebagai tindakan ilegal tanpa pengecualian apa pun.

Dilansir dari VOA, sebelumnya Pemerintah Brasil mengizinkan tindak aborsi dengan sejumlah pengecualian, seperti kasus perkosaan, kehamilan yang mengancam nyawa ibu, dan janin dengan anensefali (cacat otak).

Kendati Brasil sangat membatasi aborsi, dalam pratiknya perempuan kaya cenderung memiliki akses terhadap prosedur aborsi yang aman di klinik swasta.

Baca juga: Setelah 3 Dekade, Cile Cabut Larangan Ketat soal Aborsi

Sementara orang miskin sering hanya mengandalkan tindakan aborsi yang berisiko.

Survei akademis yang dibiayai Kementerian Kesehatan Brasil memperkirakan ada lebih dari 400.000 perempuan di Brasil melakukan aborsi sepanjang 2015.

Gelombang protes terus dilakukan. Banyak perempuan menggendong anak-anak mereka dan berteriak, "Tubuh kami adalah milik kami!"

Terjadi gesekan antara demonstran dan polisi ketika iring-iringan mencapai gedung legislatif. Polisi menembakkan gas air mata untuk membubarkan aksi protes.

PenulisVeronika Yasinta
EditorVeronika Yasinta
SumberVOA News
Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM