Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singapura Hadirkan 80 Cangkir Kopi Termahal di Dunia, Berapa Harganya?

Kompas.com - 18/10/2017, 16:19 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - Pesona keberagaman kopi menjadi harta karun bagi penikmat kopi sejati. Terkadang, harga tidak menjadi persoalan.

Namun, apakah penggemar kopi akan benar-benar rela merogoh koceknya hingga 85 dollar Singapura - sekitar 62 dollar AS atau sekitar Rp 837.000 - per cangkir?

Singapura ternyata menghadirkan kopi termahal di dunia . Sajian minuman langka itu dibuat dari biji kopi dari pegunungan kecil di Panama, sebuah negara di Amerika Tengah.

Kemudian, kopi itu mendapat label sebagai kopi paling langka dan paling mahal di dunia.

Kopi Geisha itu diproses secara alami dan dibudidayakan di ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut, di wilayah pegunungan kota Boquete di Panama barat.

Baca: Apa Pengaruh Kopi Untuk Hati Anda?

Pada sebuah pelelangan di Agustus lalu, kopi yang berasal dari perkebunan dengan nama Hacienda La Esmeralda ini pernah memecahkan rekor karena terjual senilai 601 dollar AS atau Rp 8,1 juta per pon (0,45 kg).

Secangkir kopi espresso Esmeralda Geisha ini akan dijual di dua gerai jaringan ritel spesialis kopi The Coffee Academic, di Scotts Square dan Raffles City, Singapura, mulai 6 November 2017.

Ritel itu hanya menjual 80 cangkir kopi. Jadi, jangan sampai kehabisan.

The Coffee Academics dalam pernyataannya di laman Strait Times pada Senin (16/10/2017), menyatakan kopi ini memperoleh skor tertinggi sebesar 94,1 poin dari skala 100 untuk setiap cangkirnya.

Singapura menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang mencicipi kenikmatan kopi Geisha. Hong Kong menjadi destinasi berikutnya bagi si kopi mahal ini.

Para pecinta kopi bisa mencicipi kopi itu terlebih dulu di acara GatroMonth Singapura pada 5 November mendatang.

Untuk masuk ke acara itu, Anda harus membeli tiket seharga 128 dollar Singapura atau Rp 1,2 juta.

Baca: Cupping Kopi, Apa Fungsinya?

Acara yang diselenggarakan oleh The Coffee Academics itu bisa membuat Anda menikmati seduhan kopi terbaik Panama dan melihat langsung dan demo pembuatan bir.

Kopi yang ditawarkan pada acara akan dihadirkan dengan ukuran cangkir epresso, kemudian dibagi ke beberapa porsi untuk dicicipi secara berpasangan.

Harga jual tiket itu termasuk mocktail (semacam minuman campuran sari buah dan soda, tanpa alkohol), koktail, dan kudapan ringan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com