Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memperingati Hari Makanan Dunia, UEA Buka Cabang Kedua Bank Makanan

Kompas.com - 16/10/2017, 18:27 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

DUBAI, KOMPAS.com - Pada Senin (16/10/2017), berbagai negara memperingati Hari Pangan Dunia.

Banyak cara yang dilakukan untuk memperingatinya. Di Uni Emirat Arab (UEA) misalnya, negeri itu meresmikan Bank Makanan di Kota Dubai.

Direktur Umum Kota Dubai, Hussain Nasser Lootah juga menyetujui 16 lembaga yang akan berafiliasi dengan bank makanan.

Berlokasi sebelah Universitas Kanada di kawasan Al Bada, Dubai, bank makanan ini menjadi cabang kedua setelah lembaga serupa dibuka di kawasan Al Quoz April lalu.

Nantinya, lembaga ini akan mengumpulkan makanan sisa baik dari supermarket maupun restoran kemudian membagikannya kepada yayasan yang membutuhkan.

Baca: Semua Gratis, Dubai Jadi Kota Ramah Kendaraan Listrik

Dilansir dari media setempat Khaleej Times, Lootah mengatakan, peresmian cabang kedua ini berangkat dari kesuksesan cabang Al Quoz dalam mendisribusikan makanan sisa.

Sepanjang 5,5 bulan sejak April, bank makanan di Al Quoz telah menyalurkan sekitar 136 ton makanan kepada sejumlah yayasan yang membutuhkan.

"Kesuksesan kami berkat dukungan banyak pihak. Kami berharap bisa menjangkau semua tempat, baik lokal maupun regional," kata Lootah.

Sementara itu, Asisten Direktur Bidang Lingkungan Kota Dubai, Khalid Mohammed Sharif Al Awadhi berujar, pihaknya bakal menyalurkan makanan kepada 7.000 orang selama  peringatan Hari Makanan Sedunia yang berlangsung selama sepekan.

Hal itu diperkuat dengan kicauan Bank Makanan lewat akun Twitter resminya yang mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam kampanye "Tidak Menyisakan Makanan".

Kampanye tersebut bakal dilakukan di Al Quoz petang ini.

Kampanye ini harus dilakukan UEA mengingat negara Petrodolar tersebut selalu menyisakan makanan dengan estimasi mencapai 14 miliar dirham UEA atau sekitar Rp 51,3 triliun setahun.

Baca: Lawan Kekeringan, Perusahaan Ini Ingin Boyong Gunung Es ke UAE

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com