Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raja Salman Sebut Iran Sebagai Sponsor Terorisme Dunia

Kompas.com - 22/05/2017, 07:09 WIB

RIYADH, KOMPAS.com - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz, Minggu (21/5/2017), menyebut Iran sebagai penyebar paham radikalisme ke seluruh dunia.

"Rezim Iran telah lama menjadi pemimpin terorisme global sejak revolusi (Ayatollah Ruhollah) Khomeini pada 1979," ujar Raja Salman dalam pidatonya di hadapan puluhan kepala negara termasuk Presiden AS Donald Trump, di Riyadh.

"Kami tak mengetahui terorisme dan ekstremisme hingga revolusi Khomeini muncul," tambah Salman.

Baca: Iran Ancam Hancurkan Arab Saudi, Sisakan Mekkah dan Madinah

Dalam pidato yang sama, Raja Salman juga berjanji bahwa Arab Saudi tetap akan berupaya untuk menghancurkan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Sementara itu, Presiden Trump menyerukan agar negara-negara Muslim menolak untuk melindungi kelompok eksremis dan menyerukan isolasi terhadap Iran.

Iran, menurut Presiden Trump, adalah negara yang menyebabkan maraknya konflik sektarian dan terorisme.

"Dari Lebanon ke Irak hingga Yaman, Iran mendanai , mempersenjatai, dan melatih para teroris, milisi, dan kelompok-kelompok ekstremis yang menyebarkan kehancuran serta kekacauan di seluruh kawasan," tambah Trump dalam pidatonya.

"Hingga rezim Iran bersedia ikut menciptakan perdamaian dunia, semua negara harus bekerja sama mengucilkan Iran dan berdoa agar rakyat Iran segera mendapatkan pemimpin yang tepat," ujar Trump.

Trump mengunjungi Arab Saudi sebagai negara pertama dalam rangkaian perjalanan kerja perdana ke luar negeri sejak memerintah.

Baca: Jika AS Kembali Serang Suriah, Rusia dan Iran Siap Membalas

Di Arab Saudi, Trump bertemu dengan puluhan pemimpin negara Muslim yang hadir di Riyadh untuk menghadiri sebuah KTT khusus.

Selain menghadiri KTT negara-negara Muslim ini, Presiden Trump juga meneken kesepakatan penjualan senjata ke Arab Saudi dengan nilai hampir 100 miliar dolar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com