Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/04/2017, 22:44 WIB

CHICAGO, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan United Airlines akan menawarkan kompensasi sampai 10.000 dolar atau sekitar Rp135 juta kepada penumpang yang bersedia mengosongkan kursinya jika jumlah penumpang yang sudah memiliki tiket melebihi kapasitas.

Selain itu United Airlines berjanji tidak akan lagi  mengeluarkan dengan paksa penumpang yang sudah menempati tempat duduknya di pesawat.

Dua hal itu merupakan bagian dari sejumlah langkah yang ditempuh setelah video penyeretan seorang penumpang dari dari pesawat milik United Airlines menimbulkan kemarahan di seluruh dunia.

Baca: Kelinci Pesanan Selebriti Mati dalam Penerbangan United Airlines

Penumpang yang dipaksa menyerahkan kursinya, Dr David Dao, kehilangan dua buah gigi depannya dan mengalami patah hidung ketika dikeluarkan dari pesawat dalam penerbangan dari Chicago ke Louisville awal bulan ini.

Ketika itu penerbangan sudah penuh tetapi maskapai united Airlines perlu mengakomodasi awak pesawat yang dijadwalkan bekerja keesokan harinya.

Dr Dao (69), seorang dokter Amerika keturunan Vietnam, diminta mengosongkan kursinya untuk awak pesawat.

Namun, dia menolak dengan alasan ia juga harus pulang untuk menangani para pasiennya. Akibatnya dia diseret keluar oleh petugas.

Rekaman video tentang peristiwa itu disebarkan di internet dan ditonton jutaan orang. Kemarahan dan kecaman diarahkan kepada maskapai penerbangan Amerika Serikat tersebut.

Pengacara Dr Dao mengatakan kliennya mendapati pengalaman itu "lebih mengerikan dan menakutkan dibanding pengalamannya ketika meninggalkan Vietnam".

Peristiwa yang dialami Dr Dao memicu demonstrasi di Bandara Internasional O'Hare, Chicago dan menjadi bencana publisitas bagi United Airlines.

Baca: United Airlines Dituding Bikin Nenek 94 Tahun Pindah ke Kelas Ekonomi

United Airlines kembali disorot ketika pada Rabu (26/4/2017) mengumumkan penyelidikan atas kematian kelinci raksasa yang diangkut dengan salah satu pesawatnya.

Kelinci dengan panjang 90 centimeter bernama Simon itu ditemukan dalam keadaan mati di bagian kargo ketika pesawat tiba di Bandara O'Hare, Chicago dari Heathrow di London.

Kebijakan baru lain United Airlines:

  • Tidak lagi meminta aparat keamanan mengeluarkan penumpang dari pesawat, kecuali untuk kepentingan keamanan dan keselamatan
  • Penumpang yang sudah menempati kurs tidak akan dipaksa mengosongkan tempat duduk
  • Awak pesawat harus dipesankan tempat duduk satu jam sebelum waktu pemberangkatan
  • Karyawan menjalani pelatihan tahunan untuk menangani "situasi-situasi paling sulit"
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com