Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/04/2017, 22:33 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Di saat situasi di Semenanjung Korea kian tak menentu dan panas, pemerintah Jepang mulai menyiapkan warganya jika misil-misil Korea Utara ditembakkan ke negeri itu.

Pemerintah Jepang memperingatkan warganya bahwa mereka hanya memiliki waktu kurang dari 10 menit untuk menyelamatkan diri jika Korea Utara menyerang.

Pekan ini, kantor perdana menteri Jepang menerbitkan panduan untuk bagi warga untuk melindungi diri jika perang terjadi.

Beberapa waktu lalu, Korea Utara pernah melakukan uji coba misil balistiknya ke wilayah Jepang. Dan, tiga dari empat misil yang diluncurkan pada 6 Maret lalu jatuh di zona ekonomi eksklusif Jepang.

Baca: Antisipasi Perang, Rakyat Jepang Beramai-ramai Membangun Bunker

Korea Utara kemudian mengatakan, mereka sedang melakukan uji coba untuk menembak pangkalan militer Amerika Serikat di Jepang.

Sebenarnya sudah sejak dua dekade lalu misil-misil Korea Utara sudah mampu mencapai wilayah Jepang.

Pada 1998, Korea Utara menembakkan misil Taepodong-1 melintasi wilayah Jepang dan mendarat di zona ekonomi eksklusif negeri itu di Samudera Pasifik.

Namun, peringatan yang diberikan pemerintah Jepang sebenarnya tak cukup membantu. Pada dasarnya warga diminta untuk berlindung ke dalam sebuah gedung yang cukup kuat saat serangan datang.

Masyarakat Jepang memang sangat khawatir dengan ancaman Korea Utara itu. Buktinya pengunjung ke situs resmi badan pertahanan sipil Jepang pada selama 23 hari di bulan April mencapai 5,7 juta kunjungan.

Angka ini melonjak sangat drastis jika dibanding rata-rata kunjungan tiap bulan yang hanya mencapai 400.000-an kunjungan saja.

Di dalam bagian "pertanyaan yang paling sering disampaikan", pemerintah Jepang menjelaskan durasi yang dibutuhkan misil Korea Utara untuk mencapai wilayah Jepang.

Baca: Jepang dan AS Sepakat Bekerja Sama Terkait Korut

"Saat sebuah misil diluncurkan dari Korea Utara, maka tak perlu waktu lama untuk mencapai Jepang," demikian penjelasan situs itu.

"Sebagai contoh, misil balistik yang diluncurkan dari Korea Utara pada 7 Februari tahun lalu hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk melintasi Okinawa," tambah pemerintah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com