Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembali ke Muka Publik, Apa yang Disampaikan Obama?

Kompas.com - 25/04/2017, 12:20 WIB

CHICAGO, KOMPAS.com - Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama untuk pertama kali kembali muncul di muka publik, tiga bulan sejak meninggalkan Gedung Putih.

Berbicara dalam sebuah forum di Universitas Chicago, Illinois, Senin malam (24/4/2107) waktu setempat, Obama menitikberatkan ulasannya untuk mengajak generasi muda berpartisipasi lewat aktivitas lapangan.

“Hal terutama yang dapat saya lakukan adalah mempersiapkan dan menolong generasi muda agar mereka siap mengambil alih estafet kepemimpinan,” tutur Obama di hadapan ratusan orang yang hadir.

Obama kemudian menceritakan napak tilas masa mudanya ketika dia menghabiskan waktu sebagai aktivis sosial di Chicago.

Baca: Pertama Kali Sejak Jadi Warga Biasa, Obama Tampil di Chicago

Presiden ke-44 AS ini juga menekankan akan misi pentingnya untuk terus menjembatani perbedaan politik yang kian menajam di AS.

“Semakin lama semakin sulit untuk mencari titik temu karena uang dan kepentingan kaum lobi yang saat ini berbicara di politik negara ini,” tuturnya.

Obama tidak menyinggung sedikit pun tentang penggantinya, Presiden Donald Trump. Pun, ada pertanyaan dari hadirin mengenai Trump.

Obama hanya melontarkan lelucon dengan mengatakan, “apa yang sudah terjadi sejak saya meninggalkan Gedung Putih?”.

Politisi berusia 55 tahun ini menghabiskan waktunya berlibur di sejumlah negara terutama di Kepulauan Karibia, setelah mengakhiri delapan tahun karier kepresidenannya.

Saat ini, Obama pun sedang menulis memoir dan persiapan pembukaan Perpustakaan Kepresidenanya yang juga berlokasi di Universitas Chicago.

Para Mantan Presiden AS memang memiliki tradisi untuk tidak mengkritik penggantinya, langsung di depan publik.

Tradisi tersebut yang kelihatannya dipertahankan. Padahal, sepanjang masa kampanye pilpres tahun lalu, Obama menyebut berkali-kali bahwa Trump tidak memiliki temperamen yang layak untuk menjadi Presiden.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com