Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reklame Gadis Berhijab di Teater Canberra Picu Ancaman Kekerasan

Kompas.com - 25/01/2017, 20:46 WIB

CANBERRA, KOMPAS.com - Pusat Teater Canberra dipaksa untuk menghapus unggahan status di media sosial terkait iklan Australia Day yang menampilkan dua gadis berhijab. 

Teater yang dikelola Pemerintah Negara Bagian ACT (wilayah khusus Australia) ini mengunggah status di media sosial Senin (23/1/2017).

Dalam status itu tertulis, Teater Canberra bangga menampilkan iklan tersebut di layar besar Pusat Teater Canberra, hingga tanggal 26 Januari besok.

Namun, teater itu segera menghapus unggahan tersebut dan mengunci akun media sosial mereka, setelah lini masa mereka dibanjiri pesan bernada mengancam.

Kelompok anti-Islam ‘Respect Australia’ mengunggah nomor kontak teater itu kepada para anggotanya, dan mendorong mereka mengungkapkan perasaan.

Unggahan itu telah menarik ratusan komentar termasuk seruan untuk meledakkan bom di gedung teater, membakar, atau merusak layar iklan dengan batu bata.

"Ledakkan teater itu," tulis satu unggahan,

“Bakar layar si**an itu", tulis komentar lainnya.

Ada pula seruan lain berbunyi, "warga ... pergi ke sana dan hancurkan" atau "bakar reklamenya".

Salah satu pengurus kelompok ‘Respect Australia’ mengunggah video ke laman Facebook-nya.

Di dalam rekaman itu terlihat dia bersama para pendukungnya berdiri di bagian depan teater, menuduh Pemerintah ACT bersikap seperti ‘bukan warga Australia’.

"Ini bukanlah masalah rasial, ini bukanlah diskriminasi agama atau sejenisnya, ini soal budaya Australia," kata orang di dalam video itu.

Contoh multikulturalisme

Pusat Teater Canberra mengatakan, pihaknya akan terus menampilkan iklan tersebut, meski belum mengomentari sejumlah ancaman yang muncul.

Reklame itu pertama kali menjadi berita utama ketika ditarik dari wilayah Melbourne tenggara, setelah perusahaan iklan diancam karena menampilkan foto dua gadis berjilbab.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com