Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Perjalanan Dipermasalahkan, Menkes Australia Mundur

Kompas.com - 16/01/2017, 10:25 WIB

CANBERRA, KOMPAS.com - Menteri Kesehatan Australia, Sussan Ley, mudur dari jabatannya di tengah skandal biaya perjalanan, meski mengklaim bahwa ia tak melanggar aturan apapun.

Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbull, mengatakan, pejabat pengganti Sussan akan diumumkan pekan depan.

Politisi Partai Liberal, Arthur Sinodinos, sementara akan tetap menjabat sebagai menteri kesehatan hingga pejabat pengganti dilantik.

"Warga Australia berhak untuk berharap para politisi menghabiskan uang pembayar pajak dengan hati-hati, selalu memastikan bahwa pengeluaran mereka yang terkait pekerjaan merupakan penggunaan sumber daya publik yang efisien, efektif dan etis," jelasnya.

Sussan mundur di tengah dua investigasi terkait biaya perjalanannya, termasuk pengeluaran untuk menghadiri dua acara malam tahun baru yang diselenggarakan seorang pebisnis dan donor terkemuka asal Queensland.

Sussan juga dikritik karena membeli sebuah apartemen mewah senilai 795.000 dolar (atau setara Rp 7,95 miliar) di Gold Coast saat berada dalam perjalanan yang dibiayai wajib pajak.

Dia mengklaim apartemen mewah itu adalah pembelian yang tidak direncanakan sebelumnya.

Namun, pasangan pensiunan di Gold Coast mengklaim, Sussan telah mengajukan penawaran terhadap apartemen itu sejak sembilan bulan sebelumnya.

PM Turnbull juga telah mengumumkan pembentukan sebuah badan baru untuk mengawasi pengeluaran parlemen, berdasarkan sistem serupa di Inggris.

"Pemerintah berkeyakinan bahwa pengeluaran terkait kerja anggota parlemen, termasuk menteri, seharusnya diberikan dan diawasi oleh lembaga independen," kata dia.

Badan ini akan memantau dan memutuskan semua klaim yang diajukan anggota parlemen, senator, dan menteri serta memastikan dana pembayar pajak dihabiskan secara tepat dan sesuai dengan aturan.

Sambil menyebut transparansi sebagai kunci, PM Turnbull mengatakan, sistem baru ini akan memungkinkan masyarakat memantau pengeluaran pejabat publik secepat mungkin.

Badan ini beranggotakan auditor berpengalaman, seseorang dengan pengalaman dalam hal remunerasi, mantan petugas pengadilan dan mantan anggota Parlemen.

Sussan masuk ke kabinet Australia pada tahun 2014, 13 tahun setelah memenangi pemilihan sela dengan perolehan 206 suara.

Sussan Ley mengambil alih jabatan menteri kesehatan dari Peter Dutton dan hingga dia mengundurkan diri, Sussan adalah satu dari lima perempuan di kabinet Australia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com