Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Surat untuk Rakyat AS, Obama Bela Kebijakan Pemerintahannya

Kompas.com - 05/01/2017, 18:39 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden AS Barack Obama, yang segera meninggalkan Gedung Putih, pada Kamis (5/1/2017), menerbitkan surat untuk rakyat Amerika Serikat.

Lewat suratnya itu, Obama ingin mempertahankan jaminan kesehatan dan kebijakan lain yang hendak dihapuskan oleh penerusnya Donald Trump.

Gedung Putih merilis surat Obama itu bersama dengan laporan dari tiap kementerian yang menunjukkan kemajuan sejak Obama berkuasa delapan tahun lalu.

"Di saat saya bersiap untuk menyerahkan tongkat estafet dan mejalankan peran saya sebagai warga biasa, dengan bangga saya katakan, kami sudah memberikan pondasi baru bagi Amerika," kata Obama dalam suratnya.

Obama kemudian mengutip perbaikan ekonomi AS, berkurangnya operasi militer di Afganistan dan Irak, berkurangnya ketergantungan impor minyak, dan kesepakatan iklim di Paris.

Namun, di posisi atas daftar kesuksesannya, Obama menempatkan reformasi kesehatan yang justru oleh Trump akan disingkirkan.

Dalam suratnya itu, Obama menegaskan, di masa pemerintahannya Amerika Serikat sudah memulai tugas panjang untuk mengakhiri ketimpangan.

"Hal yang tak akan membantu adalah menyingkirkan jaminan sosial untuk 30 juta rakyat AS yang sebagian besar adalah warga kelas pekerja berkulit putih," kata Obama.

"Hal lain adalah mengabaikan hak lembur para pekerja atau privatisasi jaminan kesehatan dan jaminan sosial serta membiarkan Wall Street mengatur dirinya sendiri," lanjut Obama.

Untuk menyelamatkan warisannya ini, Obama berusaha melakukan "serangan" dengan mengunjungi Kongres pada Rabu (4/1/2017).

Dalam kunjungan istimewa itu, Obama mencoba menggalang dukungan dari Partai Demokrat dengan menyebut masalah ini menjadi pertarungan berat pertama di masa pemerintahan baru.

Di sisi lain, wakil presiden terpilih Mike Pence juga mendatangi Gedung Capitol untuk menggalang dukungan para politisi Partai Republik yang mengusai parlemen dan senat.

Namun, tujuan Pence adalah mencari dukungan untuk rencana pemerintahan baru AS menyingkirkan Obamacare.

"Salah satu hal pertama yang harus dilakukan adalah menyingkirkan Obamacare," kata Pence kepada jurnalis usai bertemu anggota parlemen dari Partai Republik.

Kebijakan reformasi kesehatan Obama mendapat sorotan di masa kampanye presiden di saat premi asuransi meningkat dan perusahaan asuransi besar mundur dari pasar yang diciptakan pemerintah.

Namun, elemen-elemen Obamacare tetap mendapat dukngan misalnya mengharuskan perusahaan menanggung biaya pengobatan tanpa memedulikan kondisi awal seseorang.

Hal lain adalah membuat anak-anak pekerja mendapatkan tunjangan hingga berusia 26 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com