Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangeran Charles Bawa Replika Digital "Al Quran Tertua" ke Uni Emirat Arab

Kompas.com - 08/11/2016, 05:21 WIB

KOMPAS.com — Pangeran Charles menampilkan sebuah replika digital dari naskah Al Quran dalam kunjungannya ke Uni Emirat Arab (UEA).

Naskah Al Quran itu terbilang istimewa karena disebut-sebut sebagai salah satu yang tertua di dunia.

Pangeran Charles berada di UEA untuk melakukan kunjungan terkait program hubungan budaya antara Inggris dan UEA selama setahun.

Salah satu acara yang dihadiri Pangeran Charles adalah menyaksikan pameran kaligrafi yang menandai peluncuran ajang tahunan budaya Inggris-UEA di Al-Jahili Fort, Al-Ain, Senin (7/11/2016).

Disebutkan, versi asli naskah yang diyakini setidaknya berumur 1.370 tahun tersebut kini masih berada di Universitas Birmingham.

Manuskrip Al Quran berusia ribuan tahun itu disimpan Universitas Birmingham sejak 1920-an.

Kisaran usia naskah Al Quran diperoleh dari serangkaian tes yang dilakukan Universitas Oxford.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa manuskrip tersebut adalah salah satu dari naskah awal Al Quran yang selamat dan merupakan salah satu yang tertua.

Perkamen (media untuk menulis) dengan ayat-ayat Al Quran ditulis di atas kulit domba atau kambing saat ini dipamerkan di Birmingham.

Namun, untuk kali pertama, replika digital manuskrip tersebut dibawa ke luar Inggris dan ditampilkan di sebuah acara di UEA.

Ini akan menjadi bagian dari kolaborasi mempromosikan hubungan budaya dan ekonomi antara Inggris dan UEA, di area seperti seni, pendidikan, olahraga, dan iptek, selama setahun.

Hal ini pun menandai kepulangan simbolis, paling tidak dalam bentuk replika, sebuah manuskrip yang dibuat di Timur Tengah pada awal kelahiran Islam.

Signifikansi besar

Manuskrip Al Quran di Birmingham diperoleh pada 1920-an oleh Alphonse Mingana, yang berasal Assyria (sekarang menjadi bagian dari negara Irak).

Alphonse Mingana melakukan perjalanan ke Timur Tengah atas biaya dari Keluarga Cadbury di Inggris.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com