Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Turki Tahan Pemimpin Redaksi Harian Oposisi

Kompas.com - 31/10/2016, 14:09 WIB

ANKARA, KOMPAS.com - Polisi Turki menangkap pemimpin redaksi harian oposisi Cumhriyet, Murat Sabuncu, seperti dilaporkan kantor berita Anadolu, Senin (31/10/2016).

Selain itu, masih menurut Anadolu, polisi masih mencari ketua dewan eksekutif harian tersebut Akin Atalay dan salah seorang penulis, Guray Oz.

Kantor berita Anadolu menambahkan, polisi melakukan penggeledahan di kediaman Atalay dan Oz.

Sementara itu, CNN Turki mengatakan, sebanyak 13 surat penahanan diterbitan untuk para jurnalis dan eksekutif harian Cumhuriyet.

Sedangkan harian itu sudah mengabarkan sejumlah polisi berhasil  menangkap Oz.

Penangkapan ini terkait upaya pemerintah untuk memberantas mereka yang terkait dengan kudeta gagal yang terjadi pada Juli lalu.

Penangkapan Sabuncu ini juga terjadi di saat pemerintah Turki tengah memerangi pemberontakan Partai Pekerja Kurdi (PKK) yang dilarang.

Sebelumnya, pada Mei lalu, mantan pemimpin redaksi Cumhuriyet Can Dundar divoni penjara lima tahun 10 bulan karena dianggap membocorkan rahasia negara.

Dundar diyakini sekarang hidup di Jerman setelah awal tahun ini dibebaskan sambil penunggu proses banding.

Pemerintah Turki sebelumnya telah menutup 100 media massa dan menahan puluhan jurnalis terkait pemberontakan gagal yang diyakini pemerintah didalangi ulama Fethullah Gulen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com