Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simpanse di Kebun Binatang Pyongyang Mengisap 20 Batang Rokok Sehari

Kompas.com - 19/10/2016, 22:16 WIB

PYONGYANG, KOMPAS.com - Seekor simpanse penghuni sebuah kebun binatang Pyongyang, Korea Utara memiliki hobi unik yaitu merokok.

Bahkan, seperti dikabarkan harian Daily Mail, primata bermana Azalea itu bisa menyalakan rokok sendiri dan mengisap hingga 20 batang rokok sehari.

Simpanse betina itu kini mampu menghabiskan satu bungkus rokok sehari dan sudah bisa menyalakan rokok dengan menggunakan sisa rokok yang masih menyala.

Simpanse yang memiliki nama Korea, Dalle itu menjadi idola tersendiri bagi para pengunjung kebun binatang yang baru dibuka kembali pada Juli lalu.

Primata berusia 19 tahun itu adalah satu dari dua ekor simpanse penghuni kebun binatang itu. Dan para pengunjung tertawa saat Dalle duduk di dalam kandangnya sambil mengepulkan asap rokok.

Sang pawang mengatakan dia memang mengajari Dalle untuk merokok. Namun, dia bersikukuh simpanse itu tidak mengisap asap rokok dalam-dalam hingga ke paru-parunya.

Hewan ini nampaknya mengerti bahwa dia menjadi pusat perhatian. Dia selalu menyentuh hidungnya, membungkukkan badan dan menari setelah mendengar pengunjung tertawa atau bertepuk tangan.

Kebun binatang yang memiliki koleksi hewan beragam mulai dari gajah, jerapah, penguin dan berbagai jenis kera itu menarik ribuan pengunjung sehari.

Kebun binatang ini juga memiliki museum berteknologi tingga yang memamerkan asal muasal tata surya dan evolusi kehidupan di planet Bumi.

Atraksi lain yang menarik pengunjung adalah paviliun anjing yang menampilkan berbagai jenis anjing peliharaan seperti anjing gembala Jerman hingga Shih Tsu.

Kebun binatang ini juga menyajikan atraksi hewan-hewan seperti seekor monyet bermain basket, anjing yang bisa berhitung dan atraksi burung.

Kebun binatang ini direnovasi pada 2014 sebagai upaya pemerintah Korea Utara menyediakan lokasi wisata modern di sekitar ibu kota Pyongyang.

Kebun binatang ini sebenarnya sudah berdiri pada 1959 atas perintah dari Kim Il Sung, pemimpin pertama Korea Utara yang juga kakek dari Kim Jong Un, pemimpin negeri itu saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com