Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simpanse Ternyata Gemar Minuman Beralkohol

Kompas.com - 10/06/2015, 20:28 WIB

CONAKRY, KOMPAS.com — Para ilmuwan untuk pertama kalinya menemukan bukti bahwa simpanse-simpanse di alam liar gemar menenggak minuman beralkohol.

Tim peneliti merekam sejumlah simpanse di Guinea, Afrika Barat, memanjat pohon palem dan menggunakan daun-daun untuk meminum getah pohon tersebut yang secara alami telah mengalami fermentasi.

Oleh primata ini, daun-daun tersebut disatukan dan dihancurkan sehingga berfungsi seperti busa yang bisa menyerap bahan cair.

Rekaman video memperlihatkan seekor simpanse mencelupkan daun ke kotak plastik berisi getah yang telah terfermentasi dan mengisap daun yang basah dengan kandungan alkohol tersebut.

Warga setempat memang menggunakan kotak-kotak plastik untuk membuat "anggur palem" yang mereka ambil pada pagi dan petang. Beberapa simpanse melakukannya berkali-kali, yang jika diukur, mereka meminum setara dengan satu botol anggur.

"Setelah itu, mereka menunjukkan tanda-tanda mabuk dengan tertidur atau resah, gelisah, dan tak bisa diam," kata Dr Kimberley Hockings dari Oxford Brookes University, Inggris, salah satu ilmuwan yang meneliti perilaku simpanse ini.

Temuan tersebut menunjukkan bahwa tidak hanya manusia yang suka dengan alkohol, primata lain, dalam hal ini simpanse, juga senang dengan jenis minuman beralkohol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com