Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenazah Raja Bhumibol Dibawa ke Istana untuk Disemayamkan

Kompas.com - 14/10/2016, 17:03 WIB

BANGKOK, KOMPAS.com - Putra mahkota Kerajaan Thailand, Pangeran Maha Vajiralongkorn tiba di RS Siriraj, Bangkok, Jumat (14/10/2016) sore untuk menerima jasad ayahnya, Raja Bhumibol Adujadej yang meninggal dunia kemarin.

Selanjutnya, jasad sang raja akan disemayamkan di sebuah kuil di dalam komplek istana kerajaan sekaligus memulai prosesi upacara pemakaman.

Ribuan warga Thailand berdiri di sepanjang rute yang akan dilalui iring-iringan pembawa jenazah Raja Bhumibol menuju ke komplek istana kerajaan di seberang sungai Chao Phraya.

Setibanya di istana, jasad Raja Bhumibol akan disemayamkan di Kuil Wat Phra Kaew agar rakyat Thailand bisa memberikan penghormatan terakhir. Sejauh ini belum ditetapkan jadwal kremasi jasad Raja Bhumibol.

Jumat menandai hari pertama sejak 70 tahun terakhir, Thailand tanpa kehadiran sosok yang dianggap pemersatu bangsa itu.

Sementara Pangeran Vajiralongkorn telah meminta penobatannya sebagai raja ditunda untuk memberi waktu bagi dirinya dan rakyat Thailand untuk berduka.

Belum diperoleh informasi nama wali negeri yang akan mengisi kekosongan di antara wafatnya sang raja hingga pelantikan raja baru.

Pemerintah Thailand sudah menetapkan masa berkabung selama satu tahun ditambah moratorium 30 hari untuk semua acara kenegaraan, tetapi belum ada ketentuan untuk sektor swasta di masa berkabung ini.

Pemerintah hanya mengimbau warga agar tidak menggelar acara hiburan secara berlebihan selama satu bulan agar industri pariwisata yang menjadi andalan perekonomian negeri itu tidak terganggu.

Bursa saham dan berbagai bank di Thailand tetap beroperasi, demikian pula kedutaan besar negeri itu di seluruh dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com