Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama Kali dalam 6 Tahun, Menteri Israel Kunjungi Turki

Kompas.com - 13/10/2016, 16:31 WIB

ISTANBUL, KOMPAS.com - Menteri Energi Israel Yuval Steinitz tiba di Istanbul, Kamis (13/10/2016), dalam kunjungan pertama sejak kedua negara memulihkan hubungan diplomatik belum lama ini.

Steinitz menjadi pejabat tingkat menteri pertama yang berkunjung ke Turki dalam enam tahun terakhir dan kunjungan ini dilakukan saat Turki sedang memantau perkembangan cadangan gas alam Israel.

Di Istanbul, Steinitz menggelar pembicaraan dengan Menteri Energi Turki Berat Albayrak yang juga adalah menantu Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Hingga insiden Mavi Marmara pada 2010, Turki merupakan salah satu sekutu kunci Israel di Timur Tengah. Insiden Mavi Marmara sempat membuat hubungan kedua negara memburuk sebelum akhirnya memutuskan untuk rujuk.

Kedua negara memutuskan untuk menormalisasi hubungan diplomatik pada Juni lalu setelah serangkaian pembicaraan rahasia di negara ketiga untuk menyelesaikan perseteruan mereka.

Hubungan kedua negara akhirnya pulih, setelah Israel sepakat untuk memenuhi sejumlah persyaratan yang diajukan Turki.

Salah satu permintaan Turki yang dikabulkan Israel adalah memberikan uang kompensasi sebesar 20 juta dolar AS. Uang tersebut sudah ditransfer ke rekening Kementerian Kehakiman Turki untuk disampaikan ke keluarga korban.

Israel juga menyampaikan permintaan maaf secara formal terkait penggerebekan dan sepakat untuk melonggarkan blokade terhadap Jalur Gaza.

Israel masih menerapkan blokade tetapi mengizinkan bantuan dari Turki memasuki Jalur Gaza lewat pelabuhan Israel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com