Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunakan Nama Presiden untuk Anjingnya, Pria Nigeria Ditahan

Kompas.com - 31/08/2016, 19:58 WIB

ABUJA, KOMPAS.com - Seorang pria Nigeria ditahan setelah menggunakan nama Presiden Muhammadu Buhari sebagai nama anjingnya.

Tak hanya itu, pria bernama Joe Fortemose Chinakwe itu mengecat nama Presiden Buhari di kedua sisi tubuh anjing itu.

Kepolisian Nigeria mengatakan, Chinakwe kemudian mengajak anjingnya berjalan-jalan di kawasan yang merupakan pusat pendukung Presiden Buhari.

Polisi menangkap pria itu lebih karena khawatir aksi Chinakwe bisa memicu keributan, meski pria itu bersikukuh aksinya tersebut adalah untuk mendukung sang presiden.

Kepada polisi, Chinakwe (30) mengatakan, dia sudah mengagumi Buhari sejak beberapa tahun terakhir. Itulah sebabnya dia memilih nama sang presiden untuk anjing peliharaannya.

Chinakwe menambahkan, dia terinspirasi untuk memberi nama Buhari kepada anjingnya setelah membaca perjuangan sang presiden dalam memberantas korupsi.

Chinakwe, kepada media lokal mengatakan, dia mendapatkan sejumlah ancaman pembunuhan akibat aksinya tersebut.

Penangkapan Chinakwe itu memicu reaksi para netizen. Sebagian dari mereka menanggapi kabar ini dengan ringan sementara lainnya merasa prihatin.

"Jika kita bungkam saat mereka menangkap pria yang menamai anjingnya Buhari, siapa yang akan berbicara jika mereka menangkap kita saat mengkritik Buhari sebenarnya?" ujar Reno Omokri, seorang netizen.

Saat ini Chinakwe dibebaskan dari tahanan dengan uang jaminan sambil menunggu sidang yang akan digelar pada 19 September mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com