Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa di Italia Setidaknya Sudah Renggut 18 Nyawa

Kompas.com - 24/08/2016, 15:09 WIB

ROMA, KOMPAS.com - Setidaknya telah ada 18 korban tewas dalam bencana gempa bumi yang mengguncang wilayah Italia bagian tengah, Rabu pagi (24/8/2016).

Berdasarkan laporan terkini dari otoritas setempat yang dilansir AFP,  korban tewas ditemukan di tiga perkampungan di kawasan pegunungan, wilayah Lazio dan Marche, yakni Amatrice, Accumoli, dan Pescara del Tronto.

Tercatat ada 10 orang yang tewas di Pescara, sebuah dusun kecil bagian dari perkampungan besar Arquata del Tronto.

Demikian data yang dilansir petugas perlindungan sipil yang dikutip kantor berita ANSA.

Sementara itu, enam jasad ditemukan di Amatrice, seperti disebut Kepala Pemerintahan wilayah Lazio. Lalu, dua korban tewas ditemukan di Accumoli, seperti diungkapkan wali kota setempat.

Sebelumnya, media Italia mengabarkan, gempa tersebut mengakibatkan puluhan bangunan runtuh dan memicu status siaga akan kemungkinan jatuhnya korban lebih banyak lagi.

Sejumlah saksi mata kepada media setempat mengatakan, banyak bangunan di sejumlah desa yang terletak tak jauh dari pusat gempa, hancur atau rusak berat.

"Separuh bangunan di desa lenyap," kata Sergio Pirozzi, Kepala Desa Amatrice.

Pirozzi mengatakan, seluruh akses ke desa itu putus sehingga menyulitkan regu penyelamat yang hendak menuju ke tempat tersebut.

"Terjadi tanah longsor di salah satu ruas jalan, sebuah jembatan nyaris menimpa jembatan yang lainnya," tambah Pirozzi.

Amatrice adalah sebuah desa yang terkenal dengan pemandangannya yang indah dan menjadi tujuan wisata yang populer di kalangan warga ibu kota Roma yang mencari udara sejuk di puncak musim panas seperti saat ini.

Pada 2009, gempa berkekuatan 6,3 magnitude menghantam kawasan Aquila, dan guncangannya dirasakan hingga Roma. Saat itu sekitar 300 orang tewas.

Pada Mei 2012, dua gempa bumi yang berselang 10 hari mengguncang wilayah Emilia Romagna mengakibatkan 23 orang tewas dan 14.000 lainnya kehilangan tempat tinggal.

Gempa Rabu pagi ini tercatat berkekuatan 6.4 magnitude, mengguncang Italia tengah, di dekat Kota Perugia. Demikian data  US Geological Survey.

Gempa berpusat di 76 km tenggara Perugia, terjadi pukul 3:36 pagi waktu setempat (08.36 WIB) dan terasa hingga Roma.

Menurut USGS, gempa itu termasuk dangkal dengan kedalaman pusat gempa hanya 10 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com