Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buru Pembunuh Ulama di New York, "Sayembara" Rp 130 Juta Digelar

Kompas.com - 16/08/2016, 05:54 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Sebuah organisasi advokasi Muslim menawarkan hadiah sebesar 10.000 dollar AS atau kira-kira Rp 130 juta, untuk mereka yang membantu mengungkap kasus pembunuhan seorang ulama dan pembantunya di New York.

Diberitakan sebelumnya, Maulama Akonjee (55) dan asistennya Thara Uddin (64) ditembak dari jarak dekat di jalan kota New York ketika mereka meninggalkan masjid setelah Sholat sore hari Sabtu.

Baca: Ditembak di Kepala, Seorang Pemuka Agama Tewas di New York

Dewan Hubungan antar warga Amerika-Muslim (CAIR) mengeluarkan pengumuman resmi itu pada Senin (15/8/2016) atau Selasa WIB.

“Kami berharap tawaran hadiah akan menghasilkan penangkapan dan hukuman terhadap perorangan yang melakukan kejahatan yang keji ini,” kata Direktur Eksekutif CAIR, Nihad Awad, seperti dilansir VOA Indonesia.

“Segera setelah penangkapan dilakukan, kami memperkirakan bahwa motif si penembak dapat ditentukan,” kata Awad.

Sebelumnya, polisi telah merilis gambar sketsa wajah si penembak yang menunjukkan seorang priya yang berambut hitam, berjanggut dan mengenakan kaca mata.

Baca: Disebar, Sketsa Wajah Pria Pembunuh Ulama di New York

Namun polisi tidak memberi informasi apapun mengenai kemungkinan motif.

Para aktivis dekat masjid Al-Furqan di daerah Ozone Park, Queens, Kota New York, di mana peristiwa terjadi, menyebut kejadian ini merupakan kejahatan yang didasari kebencian.

Sabtu lalu, sekitar 100 orang demonstran berkumpul di tempat penembakan dengan meneriakkan, “Kami menghendaki keadilan!”

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com