Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Fransiskus Terbitkan Arahan Baru tentang Kehidupan Keluarga

Kompas.com - 08/04/2016, 20:57 WIB

KOMPAS.com -Pemimpin umat Katolik sedunia, Paus Fransiskus menerbitkan arahan baru dalam kehidupan keluarga, dan meminta agar gereja lebih memahami kenyataan modern.

Dokumen tersebut didasarkan pada dua sinode yang membahas isu tersebut. Hal ini dinantikan oleh sekitar 1,3 miliar umat Katolik di seluruh dunia.

Diberi judul 'Kasih dalam Keluarga', dokumen itu tidak mengubah doktrin ajaran Katolik, namun membuka jalan bagi para uskup di masing-masing negara untuk menafsirkan doktrin sesuai dengan budaya di tempat itu.

Dokumen juga memuat pandangan-pandangan Paus tentang kehidupan keluarga, perkawinan, kontrasepsi, dan cara membesarkan anak.

Arahan baru ini merupakan puncak dari kerja tiga tahun Paus, yang mengirim daftar pertanyaan kepada keluarga di seluruh dunia, tentang harapan dan kekhawatiran mereka.

Seperti dilansir BBC Indonesia, Jumat (8/4/2016), Paus kemudian memanggil semua uskup dan kardinal dalam dua sinode di Roma.

Mereka kemudian diarahkan untuk mendebat atau bahkan tidak sependapat tentang isu-isu yang memecah belah gereja di beberapa negara.

Masalah yang masih tetap menjadi perdebatan besar adalah menawarkan komuni kepada pasangan yang bercerai, maupun pasangan yang menikah kedua kali. Lalu tentang kontrasepsi, dan perlakuan atas umat Katolik yang homoseksual.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com