Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Bom Bunuh Diri Guncang Afganistan, 25 Tewas

Kompas.com - 27/02/2016, 22:15 WIB
KABUL, KOMPAS.com - Sebanyak 25 orang tewas dalam  dua serangan bom di Afganistan, Sabtu (27/2/2016), termasuk satu serangan di dekat Kementerian Pertahanan di ibu kota Kabul.

Taliban kemudian mengklaim bertanggung jawab terkait serangan di dekat kantor Kementerian Pertahanan di pusat kota Kabul.

"Sebanyak 12 orang, termasuk dua tentara Afganistan tewas dan delapan lainnya terluka," demikian pernyataan dari Kementerian Pertahanan Afganistan.

Jumlah korban tewas versi Kementerian Pertahanan ini berbeda dengan yang disampakan Kepala Kepolisian Kabul, Abdul Rahman Rahimi yang menyebut 13 orang tewas dalam serangan ini.

"Pelaku pengeboman berjalan kaki dan meledak diri saat kantor tutup," kata juru bicara Kementeriah Pertahanan Dawlat Waziri.

Sejumlah analis sebelumnya menduga Taliban meningkatkan serangan ke ibu kota untuk mendapatkan keuntungan menjelang pembicaraan damai dengan pemerintah Kabul.

Sementara itu, di tempat berbeda tepatnya di Asadabad, ibu kota provinsi Kunar, seorang pengebom bunuh diri beraksi.

Pelaku mengendarai sepeda motor yang dia hantamkan ke sebuah pasar sehingga mengakibatkan 13 orang tewas dan melukai 39 orang lainnya.

Sejauh ini belum ada satu kelompokpun yang mengaku bertanggung jawab atas serangan di Asadabad ini.

Pemerintah provinsi dan kepolisian mengatakan, target serangan bom itu adalah seorang pemimpin suku yang melawan pemberontak. Haji Khan Jan.


 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com