Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

50 Anggota Militan Taliban Tewas dalam Pertempuran di Sangin Kawasan Afganistan

Kompas.com - 24/12/2015, 21:06 WIB
KOMPAS.com — Komandan lokal Taliban dan 50 anak buahnya terbunuh dalam pertempuran sepanjang malam di Sangin, provinsi Helmand, Afganistan, seperti disampaikan Menteri Dalam Negeri Afganistan, dikutip BBC, Kamis (24/12/2015).

Komandan lokal Taliban yang tewas itu bernama Mullah Nasid, orang kepercayaan pemimpin Taliban, Mullah Akhtar Mansour.

Pasukan Afganistan bertempur demi merebut kembali wilayah Sangin yang dikuasai Taliban.

Pejabat Afganistan menyatakan, mereka berhasil merebut kembali bangunan-bangunan kunci, seperti kantor gubernur dan markas kepolisian, dalam sebuah serangan balik yang didukung serangan udara Amerika Serikat.

Sangin dikatakan sebagai lokasi strategis bagi Taliban karena merupakan pusat produksi opium.

Sementara itu, pertempuran di Sangin memuncak sejak minggu lalu, dan pada Rabu kemarin, militan Taliban mengklaim telah menguasai kembali kota tersebut dan mengepung pasukan pemerintah dalam sebuah barak tentara.

Namun, klaim itu dibantah Menteri Dalam Negeri Afganistan yang menyatakan, pertempuran masih berlanjut, sedangkan pasukan tambahan terus dikerahkan.

Hingga kini, belum jelas apakah Taliban sepenuhnya masih menguasai Sangin atau tidak. Informasi tersebut masih simpang siur.

Sementara itu, pesawat AS sudah melancarkan dua serangan udara terhadap posisi-posisi Taliban sebelum tengah malam pada Rabu (23/12/2015), kata juru bicara NATO.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com