Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Fransiskus: Donald Trump Bukan Kristen...

Kompas.com - 19/02/2016, 07:01 WIB
MEKSIKO, KOMPAS.com - Pemimpin umat Katolik sedunia Paus Fransiskus pun akhirnya turut mengomentari sosok kandidat calon presiden AS dari Partai Republik Donald Trump.

Paus melontarkan pernyataannya dalam perjalanan kembali ke Roma, Italia, setelah menuntaskan kunjungan selama lima hari di Meksiko, Kamis (18/2/2016).

Menurut Paus, Trump tidak dapat menyatakan dirinya seorang Kristen, jika merujuk kepada segala pernyataannya dalam kampanye. Khususnya yang terkait dengan persoalan imigran gelap.

Tanggapan Trump Baca: Trump: Paus Fransiskus Memalukan

Hal itu terkait ucapan Trump mengenai keberadaan imigran gelap di AS dan niat membangun tembok pembatas antara AS dan Meksiko.

Sementara, salah satu misi dalam perjalan Paus di Amerika Selatan juga adalah mendesak AS untuk ikut peduli mengatasi krisis kemanusiaan di wilayah selatan teritorialnya itu.

"Seseorang yang hanya memikirkan untuk membangun 'dinding pemisah' dan bukan 'jembatan' dia bukan Kristen, itu tidak diajarkan di dalam Alkitab," kata Paus, seperti yang dilansir CNN.com.

Paus kemudian menegaskan, dia tak terkait dengan persoalan kampanye dan proses pemilihan umum di AS. Dia pun tidak mengajak orang untuk memilih atau tidak memilih seorang kandidat.

"Saya tidak akan campur tangan dengan persoalan pemilu, saya hanya mengatakan bahwa orang ini bukan Kristen jika mengatakan hal-hal semacam itu," tegas Paus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com