Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perancis Tetap Akan Terima 30.000 Pengungsi untuk 2 Tahun ke Depan

Kompas.com - 20/11/2015, 01:14 WIB
Kontributor Singapura, Ericssen

Penulis

PARIS, KOMPAS.com - Presiden Perancis, Francois Hollande, menyatakan negaranya tetap berencana menerima pengungsi sesuai kuota yang sudah ditetapkan, yaitu 30.000 untuk dua  tahun ke depan.

“Ada yang ingin mengaitkan antara serangan Paris dengan jumlah imigran yang masuk ke negara kita. Yang benar adalah kaitan ini muncul sebenarnya karena pengungsi ini juga, (yang datang) dari  Irak dan Suriah, harus meninggalkan negara mereka akibat perbuatan teroris yang sama yang menyerang kita,” kata Hollande ketika berbicara di depan Asosiasi Walikota Perancis, Kamis (19/11/2015).

Hollande memuji para walikota yang tetap konsisten menerima pengungsi yang membutuhkan uluran tangan. Hollande menambahkan, Perancis memiliki tugas untuk menjaga keamanan warga dan mengulurkan bantuan kemanusiaan kepada pengungsi yang datang.

“Saya mengerti keresahan kalian. Kita juga pastinya akan memverifikasi siapa-siapa saja yang datang untuk memastikan tidak ada yang membahayakan negara kita,” kata Hollande mencoba meredam keresahan walikota-walikota itu.

Hollande mengakhiri dengan menegaskan bahwa hukum di Perancis memiliki kekuatan untuk menerima atau menolak pengungsi berdasarkan potensi ancaman yang kemungkinan muncul.

“Ini akan menjadi cara kita menjaga keamanan Perancis sambil tetap berpegang pada nilai-nilai yang kita junjung.”

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com