Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kandidat Presiden AS dari Demokrat Serukan Perangi ISIS, Bukan Kaum Muslim

Kompas.com - 15/11/2015, 15:17 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Kandidat presiden AS, Hillary Clinton, menyerukan aksi bersama melawan kelompok ISIS seiring dengan peristiwa penembakan dan pengeboman di Paris yang menewaskan 129 orang.

"Kita tidak berperang melawan Islam, tetapi berperang melawan kelompok ekstrem," ujar mantan Menlu AS tersebut dalam debat kandidat kepresidenan sebagaimana dikutip AFP, Minggu (15/11/2015).

Sebelumnya, kelompok militan ISIS mengaku bertanggung jawab terhadap serangan di sejumlah titik di kota Paris, Perancis.

Kelompok tersebut menyatakan serangan itu adalah pembalasan atas peran Perancis yang ikut melakukan serangan udara di Suriah.

"Kelompok ISIS tak bisa dibiarkan saja, harus diperangi," kata Clinton.

Dalam kesempatan itu, para kandidat presiden dari Partai Demokrat menolak menggunakan terminologi "Islam radikal" untuk menggambarkan serangan di Paris.

"Mari kita tidak terjebak pada pemikiran bahwa umat Muslim di Amerika adalah musuh," ujar kandidat presiden lain dari Partai Demokrat, Martin O'Malley, yang juga mantan Gubernur Maryland.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com