Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabut Asap sampai ke Filipina, Sejumlah Penerbangan Dibatalkan

Kompas.com - 26/10/2015, 22:24 WIB
Kontributor Singapura, Ericssen

Penulis

Sumber gmanews
ZAMBOANGA CITY, KOMPAS.com — Kabut asap yang melanda Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Thailand akhirnya sampai ke Filipina, di kawasan selatan negara kepulauan itu.

Media setempat melaporkan, Senin (26/10/2015), kabut asap hasil pembakaran hutan di Kalimantan terlihat menutupi kota Zamboanga City, salah satu kota terbesar di Pulau Mindanao.

Selain itu, dikhawatirkan asap ini akan segera bergerak menuju ke ibu kota Manila dalam beberapa hari ke depan, tergantung arah angin yang bertiup.

Otoritas lingkungan setempat memastikan asap ini berasal dari Indonesia dan menyatakan terjadi peningkatan pasien akibat gangguan pernapasan. Kota-kota lain yang juga ikut diresahkan oleh asap tahunan ini termasuk dua kota wisata utama yang ramai wisatawan, yakni Cebu dan Davao.

Dilaporkan, indeks polutan di kota-kota ini melebihi kadar normal yang baik untuk kesehatan. Enam penerbangan ke kawasan pulau di bagian selatan yang berdekatan dengan Pulau Sulawesi dibatalkan kemarin Minggu sore akibat semakin tebalnya asap. Jarak pandang di Bandara Cebu bahkan dapat terlihat jelas hingga 8 km saja.

Sampainya kabut asap ke Filipina mengejutkan banyak pihak mengingat jarak yang sangat jauh, yaitu ribuan kilometer dari titik api, baik di Pulau Sumatera maupun Kalimantan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com