Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa 7,3 SR Guncang Vanuatu

Kompas.com - 21/10/2015, 11:23 WIB
Tangguh Sipria Riang

Penulis

PORT VILA, KOMPAS.com — Sebuah gempa berkekuatan 7,3 skala Richter mengguncang negara kepulauan Vanuatu di Samudra Pasifik, Rabu (21/10/2015).
 
Namun, tidak ada ancaman tsunami yang terdeteksi ataupun kerusakan berarti akibat gempa tersebut.
 
"Gempa berada di kedalaman 131 kilometer, sekitar 335 kilometer dari ibu kota Port Vila," kata tim Survei Geologi Amerika Serikat (USGS).
 
Berdasarkan data dari Pusat Peringatan Tsunami Pasifik, gempa itu tidak menyebabkan potensi tsunami di Pasifik yang dapat merusak wilayah lain di sekitarnya.
 
Sementara lembaga pemerintah Geoscience Australia mengatakan, gempa berkekuatan di atas 6,5 SR dengan kedalaman di bawah 100 kilometer merupakan ambang umum untuk gempa bawah laut yang berpotensi tsunami.
 
"Kekuatan gempa mungkin bisa dirasakan, tapi tidak menyebabkan kerusakan yang berarti," kata seismolog AFP, Dan Jackson.
 
Negara yang berencana mendirikan kedutaan besar di Indonesia tersebut tercatat sebagai lokasi 27 tremor terkait gempa berkekuatan 7,0 SR selama 20 tahun terakhir.
 
"Gempa seperti ini umum terjadi di sana. Wilayah di sekitar Vanuatu dan Kepulauan Solomon adalah yang paling seismik di dunia," terang Jackson.
 
Vanuatu juga gugusan pulau yang tergabung dalam "Ring of Fire", zona aktivitas tektonik di sekitar Pasifik yang sering menyebabkan gempa bumi dan letusan gunung berapi.
 
Sebelumnya, negara yang luasnya setara dengan Provinsi Gorontalo itu sempat diguncang gempa berkekuatan 6,8 SR pada akhir Januari lalu. Pada Februari lalu terjadi gempa berkekuatan 6,5 SR.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com