Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Pramugari Muslim Diskors karena Menolak Sajikan Minuman Beralkohol

Kompas.com - 08/09/2015, 15:29 WIB
WASHINGTON, KOMPAS.com — Seorang pramugari Muslim mengaku diskors dari pekerjaannya karena menolak menyajikan minuman beralkohol kepada penumpang selama penerbangan. Hal itu dilakukan perempuan tersebut karena menjalankan keyakinan agamanya.

Perempuan bernama Charee Stanley (40) itu telah melayangkan komplain kepada perusahaan tempat dirinya bekerja, ExpressJet. Tindakan perusahaan tersebut dinilai sebagai bentuk diskriminasi.

Awalnya, perusahaan maskapai itu setuju bahwa khusus untuk penyajian minuman beralkohol, hal itu akan dilakukan oleh pramugari lain. Namun setelah sebulan kemudian, rekannya mengeluhkan hal itu hingga akhirnya perusahaan menskors Charee selama setahun tanpa digaji.

Pengacara Charee, Lena Masri, menilai tidak adil jika kliennya diberi sanksi karena menjalankan perintah agamanya.

"Seharusnya perusahaan menciptakan suasana yang nyaman sehingga pekerja bisa bebas menjalankan keyakinan agamanya," kata Masri.

Stanley sudah bekerja di ExpressJet sejak tiga tahun yang lalu. Dia masuk Islam setahun kemudian. Awal tahun ini, ia menyatakan bahwa Islam melarangnya menyediakan minuman beralkohol kepada orang lain. Dia pun meminta perusahaan memberikan kelonggaran, dan hal itu disetujui.

Masri menilai, perusahaan yang berbasis di Atlanta itu telah menunjukkan "Islamofobia" atau kebencian terhadap Islam.

Sementara itu, ExpressJet dalam pernyataan resminya mengatakan bahwa pihak maskapai sangat menghargai perbedaan, tetapi enggan mengomentari persoalan pribadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com