Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Pastikan Mengawasi Dua Pilot yang Diduga Pendukung ISIS

Kompas.com - 10/07/2015, 08:13 WIB
KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia memastikan, dua badan anti teroris telah mengawasi kegiatan dua pilot Indonesia yang namanya dibocorkan oleh dokumen Kepolisian Federal Australia karena dicurigai mendukung militan Negara Islam Irak Suriah (ISIS).

Ridwan Agustin dan Tommy Abu Alfatih disebut-sebut dalam dokumen Kepolisian Federal Australia yang bocor berjudul "Identifikasi Daftar Pilot Indonesia yang Berpandangan Ekstrim", patut dicurgai sebagai ancaman serius.

Dokumen itu disusun Kepolisian Federal Australia (AFP) pada Maret tahun 2015 dan menyatakan kedua pilot Indonesia itu diduga telah diradikalisasi dan mulai mendukung ISIS.

Pada awalnya Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Tedjo Edhy Purdijatno, mengatakan informasi ini perlu diperiksa terlebih dahulu oleh Badan Keamanan Indonesia.

Namun Tedjo Edhy Purdijanto kemudian memastikan pada ABC News bahwa kedua pria itu memang tengah diawasi gerak geriknya oleh Badan Nasional Anti Terorisme (BNPT) dan satgas Densus-88 pasukan elite anti teroris Indonesia yang dibentuk pasca tragedi bom bali tahun 2002 lalu.

Menurut Menkopolhukam, tim mereka telah mengawasi kedua pilot tersebut selama 6 bulan terakhir.

Tedjo tidak mengatakan apakah Kepolisian Australia berbagi informasi intelegen mereka mengenai kedua pilot tersebut dengan Indonesia.

Laporan AFP yang disusun bulan Maret 2015 itu bocor dan kemudian dimuat pertama kali  di website Amerika Serikat bernama The Intercept. Situs web itu menyatakan laporan AFP itu telah dibagi di kalangan penegak hukum di Turki, Jordania, Inggris, dan AS sendiri.
 
"Pada 16 Maret 2015, AFP menerima informasi bahwa dua orang pilot Indonesia, yang kemungkinan bekerja di AirAsia dan PremiAir, telah memposting di laman Facebook mereka pernyataan dukungan bagi ISIS," demikian laporan AFP seperti dikutip The Intercept.
 
Sebelumnya juru bicara Menteri Luar Negeri Australia, Arrmanatha Nasir dan juru bicara Kepolisian Indonesia, Anton Charliyan mengatakan mereka tidak mengetahui dugaan tersebut dan akan mengeceknya dengan otoritas lain.
 
Disebutkan bahwa pilot bernama Tommy pernah ke Australia tahun lalu selain mengunjungi berbagai negara tujuan lainnya.
 
"Berdasarkan atas analisa isi akun Facebook mereka, dipercaya bahwa kedua orang ini telah dipengaruhi elemen-elemen radikal - paling tidak secara online - dan akibatnya, mungkin menimbulkan ancaman bagi keamanan," kata The Intercept mengutip apa yang mereka sebut laporan AFP.
 
Ditambahkan, "Kedua pilot tampaknya dipengaruhi elemen ISIS termasuk propaganda online oleh unsur radikal Indonesia dan oleh milisi ISIS asal Indonesia yang ada di Suriah atau Irak".
 
AirAsia telah mengatakan kepada CNN bahwa pilot  Ridwan Agustin telah dipecat setelah Ia diduga melakukan kontak dengan ISIS.
 
Dokumen AFP yang mengungkapkan tuduhan ini menyatakan isteri tersangka Ridwan Agustin, yakni Diah Suci Wulandari, baru-baru ini telah mempublikasi informasi di internet dari Jemaah Anshorut Tauhid (JAT).
 
Seperti diketahui JAT merupakan kelompok yang dibentuk oleh ulama Abu Bakar Bashir, yang mengakui sumpah setianya pada ISIS dari dalam sel penjaranya. Abu Bakar Baashir merupakan pendiri  Jemaah Islamiyah, yang terkait dengan Al Qaeda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads

Copyright 2008 - 2023 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com