Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/06/2015, 19:12 WIB
PYONGYANG, KOMPAS.com — Pemerintah Korea Utara mengklaim telah berhasil menemukan satu obat mujarab yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk AIDS, ebola, sars, dan MERS.

Kabar ini disampaikan kantor berita Korea Utara, KCNA, yang menyebut para ilmuwan negeri itu berhasil mengembangkan obat yang dinamai Kumdang-2 yang berbahan dasar ginseng dan beberapa bahan lain yang tak disebutkan.

Ginseng sudah digunakan sebagai obat-ibatan selama beratus-ratus tahun. Tanaman ini diyakini bisa meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kadar gula darah, mengatasi kanker, masalah jantung, kelelahan, disfungsi ereksi, hepatitis C, tekanan darah tinggi, dan berbagai penyakit lainnya.

Klaim Korea Utara ini muncul pada saat negeri tetangga sekaligus rival abadi Korea Selatan tengah berkutat dengan wabah penyakit MERS yang sejauh ini sudah menewaskan puluhan orang.

Klaim ini juga muncul di tengah kabar Korea Utara tengah mengalami musim kering terburuk dalam satu abad terakhir sehingga sejumlah pengamat menduga klaim ini adalah upaya negeri itu mengalihkan perhatian dari masalah kekeringan tersebut.

Bukan kali ini saja Korea Utara mengklaim telah sukses mengembangkan obat mujarab untuk beberapa jenis penyakit.

Negeri itu juga pernah mengatakan telah menemukan obat untuk menangkal flu burung pada saat wabah penyakit ini merebak pada 2006 dan 2013.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com