Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/05/2015, 20:49 WIB
KANDAHAR, KOMPAS.com — Dua anggota Taliban bersenjata lengkap menyerang sebuah masjid di wilayah selatan Afganistan, Rabu (13/5/2015), menewaskan setidaknya enam orang dalam baku tembak dengan aparat keamanan yang berlangsung selama enam jam.

Insiden itu terjadi di Lashkar Gah, ibu kota provinsi Helmand yang bergejolak. Ini adalah serangan terbaru Taliban dalam serangan musim semi yang selalu mereka gelar sejak terguling dari kekuasaan pada 2001.

"Enam orang termasuk tiga polisi tewas dan 12 lainnya terluka," kata Wakil Gubernur Helmand, Mohammad Jan Rasolyar.

Padsha gul Bakhtyar, Wakil Kepala Kepolisian Helmand, membenarkan jumlah korban dan menambahkan bahwa penyerang yang mengenakan pakaian polisi itu tiba dengan menggunakan sepeda motor.

"Mereka awalnya mencoba memasuki bangunan kantor gubernur, tetapi setelah berhasil menggagalkan upaya itu, mereka masuk ke sebuah masjid dan menembaki para ulama yang sedang menghadiri pertemuan di sana," ujar Bakhtyar.

Bakhtyar menambahkan, dua korban tewas adalah para ulama anggota Majelis Ulama Helmand, yang merupakan otoritas keagamaan tertinggi di provinsi itu.

Setelah terlibat baku tembak dengan aparat keamanan, Bakhtyar melanjutkan, kedua penyerang itu tewas.

Kelompok Taliban, yang selama 13 tahun memerangi Pemerintah Afganistan yang didukung AS, mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com