Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peretas YouTube "Ancam" Video Justin Bieber

Kompas.com - 03/04/2015, 22:43 WIB

 

KOMPAS.com - Pemecah kode Rusia mengungkapkan dirinya menemukan cara menghapus video apapun di YouTube.

Demonstrasi teknik Kamil Hismatullin ditaruh di internet memperlihatkannya mengkopi sebagian dari alamat video di internet/web, yang dia gunakan untuk menghapus klip dalam waktu setengah menit.

Kamil tidak mengambil keuntungan dari peretasan. Dia melaporkannya kepada perusahaan induk Google, yang kemudian memberinya penghargaan.

Meskipun demikian dia berolok-olok bahwa dia tergoda untuk menghapus video musik Justin Bieber.

"Saya menghabiskan waktu enam sampai tujuh jam untuk melakukan penelitian, selama beberapa jam saya berjuang mengalahkan keinginan untuk menghapus saluran Bieber, haha," tulis Hismatullin.

"Meskipun masih Sabtu pagi di San Fransisco ketika saya melaporkan hal ini, tim keamanan Google cepat bereaksi, karena kelemahan ini dapat menciptakan masalah besar dalam beberapa menit di tangan pihak yang jahat.

"Kelemahan ini (kemungkinan dapat digunakan) untuk memeras atau hanya untuk mengacaukan YouTube dengan menghapus video jumlah besar pada waktu sangat cepat."

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com