Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dikabarkan Kritis, Pemimpin Tertinggi Iran Muncul ke Hadapan Publik

Kompas.com - 09/03/2015, 07:04 WIB

KOMPAS.com - Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, muncul di hadapan publik, Senin (9/3/2015). Kemunculan pemimpin spiritual Iran itu sekaligus untuk membantah rumor mengenai kesehatannya yang disebut memburuk.

Dilansir dari AFP, Khamenei yang kini berusia 75 tahun muncul dalam sorotan televisi saat memberikan sambutan di hadapan pejabat dan aktivis lingkungan. Khamenei yang memberikan pidato di kediamannya terlihat dalam keadaan nyaman dan sehat.

Sebelumnya, situs asing mengabarkan bahwa Khamenei sudah menyampaikan 'wasiat' berupa kata-kata terakhir mengenai semua hal terkait Iran. Situs itu juga menyebut Khamenei dirawat di rumah sakit dalam keadaan kritis.

Ayatollah Ali Khamenei merupakan pemimpin tertinggi di Iran sejak 1989. Saat itu Ali Khamenei menggantikan pemimpin revolusi Iran Ruhollah Khomeini sebagai pemimpin tertinggi di negara itu.

September lalu, Khamenei sempat menjalani operasi prostat. Ketika itu dia menjalani perawatan selama seminggu di ruah sakit, sebelum akhirnya dipersilakan pulang.

Khamenei sendiri masih aktif dalam perpolitikan Iran. Beberapa waktu lalu, Khamenei memberikan restu kepada Iran untuk mencapai kompromi dengan Barat terkait program nuklir. (Baca: Ayatollah Khamenei Dukung Kompromi Nuklir dengan Barat)

Namun, Ayatollah menggarisbawahi bahwa lebih baik tidak ada perjanjian dibanding ada perjanjian buruk yang tidak melindungi kepentingan nasional Iran.

"Saya akan menyetujui perjanjian yang bisa dicapai. Tentu saja bila perjanjian tersebut tidak buruk. Tidak ada gunanya dicapai kesepakatan yang bertentangan dengan kepentingan bangsa kita," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com