Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayatollah Khamenei Dukung Kompromi Nuklir dengan Barat

Kompas.com - 09/02/2015, 07:19 WIB
KOMPAS.com — Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Khamenei mengatakan, ia mendukung usaha mencapai kompromi dengan Barat tentang program nuklir, tetapi tidak akan menyetujui perjanjian buruk.

Dalam pernyataan yang diunggah di situs internetnya, Minggu (8/2/2015), Ayatollah Ali Khamenei mengatakan, ia sepenuhnya mendukung perundingan internasional untuk mencapai kompromi.

Namun, Ayatollah menggarisbawahi bahwa lebih baik tidak ada perjanjian dibanding ada perjanjian buruk yang tidak melindungi kepentingan nasional Iran.

"Saya akan menyetujui perjanjian yang bisa dicapai. Tentu saja bila perjanjian tersebut tidak buruk. Tidak ada gunanya dicapai kesepakatan yang bertentangan dengan kepentingan bangsa kita," katanya.

Pernyataan pemimpin tertinggi Iran dikeluarkan ketika Menteri Luar Negeri Mohammad Javad Zarif mengadakan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry di Muenchen, Jerman.

Zarif mengatakan, perpanjangan tenggat waktu setelah batas waktu bulan Juni tidak akan berguna dan tidak akan berakibat fatal bila perundingan gagal.

Iran menuntut Barat mencabut sejumlah sanksi yang diberlakukan terhadap negara itu.

Imbalannya, Iran harus membatasi program nuklirnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com