Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga AS Bersiap Hadapi Badai Salju Terburuk

Kompas.com - 26/01/2015, 23:05 WIB
NEW YORK, KOMPAS.com - Ribuan jadwal penerbangan dibatalkan, Senin (26/1/2015), di saat jutaan warga Amerika Serikat bersiap menghadapi badai musim dingin yang disebut wali kota New York akan menjadi badai salju terbesar dalam sejarah.

Salju, yang sudah mulai turun di seluruh kawasan, diperkirakan perlahan-lahan semakin kuat sepanjang hari dan berubah menjadi badai besar yang kemungkinan akan melumpuhkan sebagian wilayah New York dan New England.

Pemerintah negara-negara bagian di pesisir timur AS sudah memperingatkan warga untuk tetap tinggal di rumah dan bersiap menghadapi terjangan badai salju Juni, yang bakal menghasilkan tumpukan salju setebal satu meter di beberapa area.

Badan meteorologi nasional telah mengeluarkan peringatan bahaya badai salju dari New Jersey hingga ke perbatasan Kanada, termasuk New York dan Boston. Warga juga diperingatkan kemungkinan terjadinya banjir air laut.

Sementara itu, lebih dari 5.100 penerbangan domestik atau internasional pada Senin dan Selasa terpaksa dibatalkan atau ditunda. Sejumlah maskapai bahkan sudah mengembalikan uang tiket mengantisipasi penundaan jadwal penerbangan massal.

"Kami akan menghadapi badai salju terbesar yang akan dialami kota ini. Pesan saya kepada warga New York adalah untuk bersiap untuk situasi terburuk yang belum pernah kita lihat sebelumnya," kata wali kota New York, Bill de Blasio.

Diperkirakan di sejumlah kawasan pasokan listrik akan terputus diwarnai tumbangnya pepohonan. Diperkirakan sebanyak 28 juta orang akan terdampak hantaman badai salju ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com