Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chad Kirim Pasukan ke Kamerun untuk Perangi Boko Haram

Kompas.com - 16/01/2015, 19:12 WIB
YAOUNDE, KOMPAS.com - Pemerintah Kamerun, Jumat (16/1/2015), mengatakan Chad akan mengirimkan pasukannya untuk membantu Kamerun memerangi kelompok militan Boko Haram yang berbasis di Nigeria.

Pengumuman pemerintah Kamerun itu dikeluarkan sehari setelah Chad menyatakan ingin berperan aktif untuk mendukung negeri tetangganya itu melawan kelompok militan tersebut.

Sejauh ini pemerintah Kamerun belum memberikan informasi tentang jumlah personel militer Chad yang akan dikirimkan ke Kamerun.

Sebelumnya, pemerintah Kamerun mengklaim pasukannya menewaskan 143 anggota Boko Haram yang menyerang pangkalan militer negeri itu di kota Kolofata, tak jauh dari perbatasan Nigeria.

Serangan di Kolofata itu adalah aksi Boko Haram terbesar di Kamerun, sejak kelompok itu menebarkan ancamannya lewat video yang diunggah ke internet awal bulan ini.

Sebelumnya, sebuah inisiatif yang diprakarsai Perancis menyerukan agar pemerintah Nigeria, Niger, Kamerun dan Chad masing-masing mengirimkan 700 personel militer untuk membentuk sebuah pasukan multinasional guna melawan Boko Haram.

Namun, belum satu negarapun yang memenuhi seruan tersebut. Sementara pemerintah Niger dan Kamerun mengkritik Nigeria yang mereka anggap gagal dalam menangani masalah militansi Boko Haram.

Chad sebelumnya pernah menempatkan pasukannya di kota Baga, yang pada awal bulan ini diserang Boko Haram, namun Chad menarik mundur pasukannya jauh sebelum serangan itu terjadi.

Sejumlah media Nigeria mengabarkan, sejauh ini para politisi negeri itu lebih sibuk berkampanye menjelang pemilihan umum bulan depan ketimbang menangani masalah-masalah keamanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com