Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangeran Andrew Akan Bahas Tuduhan Skandal Seks dengan Ratu

Kompas.com - 06/01/2015, 13:59 WIB
LONDON, KOMPAS.com - Pangeran Andrew dari Inggris telah terbang pulang ke rumahnya dari liburan di Swiss guna mempersiapkan diri menghadapi klaim baru bahwa dia "pernah melecehkan secara seksual" seorang gadis di bawah umur yang kini sedang menulis buku tentang pengalamannya tersebut.

Virginia Roberts, yang mengaku menjadi "budak seks" saat masih 17 tahun untuk mantan teman Duke of York itu, yaitu Jeffrey Epstein, juga dikatakan sedang mempertimbangkan sejumlah tawaran untuk menceritakan kisahnya setelah dia mengajukan gungatan ke pengadilan terkait dirinya pernah dipaksa untuk berhubungan seks dengan Andrew sebanyak tiga kali.

Istana Buckingham mengakui bahwa kasus hukum di mana klaim itu muncul "tidak akan dilupakan" dan Duke diperkirakan akan membahas masalah itu dengan Ratu Elizabeth II, yang berwajah muram ketika meninggalkan gereja di Sandringham, hari Minggu (4/1/2015).

Yang Mulia Ratu akan memberikan dukungan penuh kepada putra keduanya itu, tetapi Duke tahu yang terburuk mungkin tidak teratasi. Scotland Yard telah mengkonfirmasikan bahwa pihaknya berkewajiban untuk menyelidiki klaim Roberts jika perempuan itu membuat aduan resmi di Inggris.

Tuduhan baru itu muncul akhir pekan lalu, termasuk klaim bahwa Roberts dibayar sebesar Rp 192 juta oleh Epstein, terpidana kasus kejahatan seksual, sebagai "hadiah" untuk tidur dengan Duke tahun 2001, dan bahwa Andrew berhubungan seks dengan Roberts setelah gadis itu memberinya "pijat erotis" di New York. Tuduhan itu memaksa Duke mengambil langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya yaitu mengeluarkan pernyataan resmi yang menyangkal bahwa dia pernah berhubungan seks dengan Roberts, yang sekarang berusia 30 tahun.

Istana Buckingham mengatakan, "Secara tegas membantah bahwa Duke of York memiliki kontak seksual atau hubungan dengan Virginia Roberts. Setiap klaim yang bertentangan adalah palsu dan tanpa dasar."

Bantahan itu menyusul dua pernyataan sebelumnya, pada Jumat dan Sabtu, yang berisi bantahan yang lebih umum bahwa Duke, 54 tahun, pernah melakukan hubungan seks dengan anak di bawah umur. Saat hubungan itu terjadi, usia Roberts masih 17 tahun. Berdasarkan undang-undang di Florida, dimana gugatan itu diajukan, Roberts terbilang belum cukup umur ketika usianya masih 17 tahun.

Pangeran Andrew menghabiskan waktunya minggu lalu di Verbier, Swiss, bersama mantan istrinya Duchess of York, putri mereka Putri Eugenie dan temannya Cressida Bonas. Pangeran itu tiba kembali di London pada Minggu malam di mana dia diharapkan untuk menelepon Ratu guna meyakinkan bahwa klaim Roberts tidak beralasan dan mendiskusikan apa yang mungkin terjadi selanjutnya.

Roberts telah menegaskan bahwa dia tidak akan berdiam diri. Ketika berbicara dari rumah ibunya di Colorado, dia mengatakan, "Akan ada waktu kami menjelaskan semua hal, bukan saat ini."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com