Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiongkok Eksekusi 2.400 Orang Tahun 2013

Kompas.com - 21/10/2014, 20:10 WIB
KOMPAS.COM - Sebuah organisasi yang berkedudukan di AS mengatakan, jumlah eksekusi yang dilaksanakan Tiongkok tampaknya berkurang hingga 20 persen tahun 2013.  

Dalam sebuah laporan hari Senin (20/10/2014), Yayasan Dui Hua memperkirakan Tiongkok mengeksekusi 2.400 orang pada tahun 2013 dan mungkin akan mengeksekusi jumlah yang sama tahun ini. Itu lebih dari tiga kali dari apa yang dikatakan organisasi Amnesty International jumlah eksekusi di gabungan negara-negara lain di dunia tahun 2013.

Jumlah hukuman mati merupakan rahasia negara di Tiongkok, sehingga memaksa  kelompok-kelompok HAM mengandalkan pada laporan-laporan dari pihak kedua dan pernyataan-pernyataan dari pejabat tanpa jati diri mereka.

Laporan Yayasan Dui Hua itu berdasarkan pada informasi yang diterbitkan dalam suratkabar berpengaruh dan  relatif progresif, “Southern Weekly” yang berbasis di Guangzhou. Dui Hua juga menerima pernyataan-pernyataan dari seorang pejabat hukum yang dikabarkan mempunyai akses terhadap jumlah eksekusi yang dilakukan setiap tahun.

Tiongkok diduga telah melakukan lebih sedikit eksekusi, setelah keluar putusan tahun 2007 yang memberi wewenang kepada Mahkamah Tinggi Rakyat untuk meninjau semua vonis hukuman mati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com