Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggota ISIS Asal Indonesia Lakukan Aksi Bom Bunuh Diri di Irak

Kompas.com - 14/10/2014, 17:01 WIB
BAGHDAD, KOMPAS.com — Seorang warga Indonesia yang bergabung dengan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dikabarkan tewas dalam sebuah aksi bom bunuh diri di Irak. Demikian pernyataan kelompok pemantau, SITE, Selasa (14/10/2014).

Warga Indonesia ini diyakini tewas dalam sebuah serangan pada akhir pekan lalu. Diduga, sudah lima orang warga Indonesia tewas sepanjang tahun ini dalam konflik bersenjata di Timur Tengah.

Pemerintah Indonesia menduga, sebanyak 60 orang warga Indonesia sudah berangkat ke Timur Tengah untuk bergabung dengan ISIS. Namun, sejumlah analis menduga jumlah warga Indonesia yang bergabung dengan ISIS bisa mencapai 200-an orang.

Selain SITE, sebuah situs radikal di Indonesia, Hanzhalah Al-Induisi, juga mengabarkan soal warga Indonesia yang tewas ini. Dia dikabarkan menabrakkan sebuah minibus yang penuh dengan bahan peledak ke sebuah pangkalan militer di luar kota Tikrit, Irak.

Ini merupakan kasus kedua yang melibatkan seorang warga Indonesia sebagai pelaku bom bunuh diri di Irak sepanjang tahun ini. Sejumlah media Irak mengabarkan insiden pertama yang melibatkan warga Indonesia terjadi pada Februari lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com