Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Rombongan Wartawan Kecelakaan di Mekkah, Satu Orang Tewas

Kompas.com - 14/10/2014, 09:16 WIB


MEKKAH, KOMPAS.com
- Innaa Lillaahi wa innaaa ilaihi raaji'uun. Kabar duka menyelimuti keluarga besar Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) di Arab Saudi. Minggu (12/10/2014) dinihari, tim Media Center Haji (MCH) Madinah yang baru selesai umrah mengalami kecelakaan lalu lintas, 25 kilometer sebelum masuk kota Madinah.

Akibat kejadian ini, sopir tim MCH Madinah, Lukmanul Hakim Yaqub, meninggal dunia tak lama setelah mendapatkan pertolongan medis awal di RS Bir Ali Madinah. Sedangkan delapan orang jurnalis mengalami luka ringan. Lukman telah dimakamkan di Pemakaman Baqi, Madinah, Senin (13/10/2014), selepas shalat dzuhur.

Belum diperoleh informasi detail terhadap penyebab kecelakaan tersebut. Namun, penuturan dari wartawan yang berada di mobil tersebut, kecelakaan berawal dari olengnya mobil ke arah kiri.

"Mobil melaju dengan kecepatan sekitar 100 km/jam, tiba-tiba oleng ke kiri sampai masuk ke pasir-pasir. Setelah itu dibanting lagi ke kanan akhirnya oleng dan terbalik dengan posisi kepala menghadap ke arah belakang," kata Aries Wicaksena dari Media Indonesia.

Sesaat setelah mobil terbalik dan sebagian wartawan keluar lewat kaca belakang yang pecah, tiba-tiba datang mobil sedan dari arah berlawanan yang menghantam sisi depan mobil, tepatnya di bagian sopir.

Setelah kejadian, polisi segera mengevakuasi Lukmanul Hakim dan wartawan Metro TV, Idham Sammana, ke RS Bir Ali Madinah. Penumpang yang lain dievakuasi menggunakan ambulance milik PPIH Arab Saudi menuju Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) Madinah.

Belakangan diperoleh informasi bahwa Lukman meninggal dunia sesaat setelah sampai di rumah sakit. Sedangkan Idham Sammana mengalami luka di bagian kepala. Adapun tujuh jurnalis lain relatif baik kondisinya.

Para jurnalis yang selamat dalam insiden ini adalah Dodo Murtadlo (kemenag.go.id), Idham Sammana-Nur Budi Hariyanto (Metro TV), Iwan Malik-Iwan Manaf (RCTI), Elvan Dani Sutrisno (Detik.com), Dolly Ramadhan (Sindo Trijaya FM), dan Aries Wicaksena (Media Indonesia).

Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin merespon cepat atas musibah ini. “Saya sudah instruksikan agar keluarga almarhum diberi santunan. Selain itu, agar klaim asuransinya bisa segera diurus,” katanya, di Jakarta.

Dalam akun twitternya, Menag telah mengunggah foto bersama dengan almarhum Lukmanul Hakim Yakub, sopir Tim Media Center Haji yang meninggal karena kecelakaan saat perjalanan menuju Madinah.

“Foto itu mengingatkan saya akan beberapa saat mengenalnya sebagai anak muda yang periang. Selamat berpulang, Allahummahtimlahuu bikhusnil khatimah,” ujar Menag saat dikonfirmasi tentang foto dirinya dengan almarhum.

Menag juga merasa sangat terkejut saat memperoleh kabar telah terjadi kecelakaan yang dialami Tim Media Center Haji dalam perjalanan ke Madinah.

“Dia wafat saat bertugas mengantar teman-teman wartawan yang juga sedang bertugas meliput penyelenggaraan ibadah haji. Semoga almarhum wafat sebagai syahid, dimana surga telah menanti kepulangannya,” lanjut Menag.

Usai salat dzuhur, Senin (13/10/2014), rombongan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), termasuk awak MCH, mengiring pemakaman Lukman di pemakaman Baqi, tepat disamping Masjid Nabawi.

Usai disalatkan ‎oleh ribuan jamaah selepas salat dhuhur di Masjid Nabawi, Madinah, jenazah langsung dipanggul menuju makam Baqi. Puluhan orang berebut memanggul jenazah, kemudian berjalan menanjak memasuki gerbang pemakaman Baqi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com