Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arab Saudi Gelar Pembicaraan Internasional Bahas ISIS

Kompas.com - 09/09/2014, 22:16 WIB
RIYADH, KOMPAS.com — Pemerintah Arab Saudi akan gelar pembicaraan internasional untuk membahas kekerasan militan yang terus tumbuh di Timur Tengah. Pembicaraan akan diadakan pada Kamis (11/8/2014), bersama AS dan negara-negara Muslim sekutunya.

"Pertemuan itu akan membahas terorisme di kawasan dan organisasi ekstremis yang berdiri di belakang aksi-aksi teror serta cara untuk menangani masalah ini," demikian pernyataan Pemerintah Arab Saudi seperti dikutip kantor berita SPA.

Pemerintah Arab Saudi menambahkan, pertemuan itu akan melibatkan Mesir, Turki, Jordania, dan enam negara Dewan Kerja Sama Teluk (GCC), serta Amerika Serikat.

Negara pengekspor minyak mentah nomor satu di dunia itu tampaknya mulai khawatir dengan gerak maju ISIS di Irak dan Suriah. Saudi juga khawatir jika banyak warganya akan bergabung dengan ISIS dan memicu serangan terhadap pemerintah kerajaan itu.

Sebelumnya, para menteri luar negeri Liga Arab sudah sepakat akan menggunakan segala cara untuk menghadapi ISIS. Sementara itu, Presiden AS Barack Obama menginginkan negara-negara Teluk mempertimbangkan aksi militer dan meminta dukungan untuk Sunni moderat di Irak dan Suriah untuk menghadapi ISIS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com