Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan Kurdi Rebut Tiga Desa yang Diduduki ISIS

Kompas.com - 25/08/2014, 17:37 WIB
KIRKUK, KOMPAS.com — Pasukan Kurdi didukung serangan udara Irak berhasil merebut kembali tiga desa yang sebelumnya diduduki Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di sebelah timur laut Baghdad, Senin (25/8/2014).

Desa-desa yang direbut pasukan Peshmerga Kurdi ini berada di wilayah Provinsi Diyala, termasuk jalan utama yang digunakan ISIS untuk transportasi pasukan dan logistik.

Seorang Brigadir Jenderal Peshmerga mengatakan, pasukannya kini tengah bersiap untuk menutup pintu masuk ke Jalawla.

Sementara itu, lebih jauh ke wilayah utara, ISIS menggelar dua serangan ke kota Tuz Khurmatu  yang mayoritas penduduknya adalah etnis Turkmen yang memeluk Syiah. Namun, kedua serangan itu dipatahkan pasukan Peshmerga yang didukung angkatan udara Irak.

Pada 8 Agustus lalu, AS menggelar serangan udara terhadap ISIS yang terus bergerak maju dan berpotensi merebut Arbil, ibu kota wilayah otonomi Kurdi.

Serangan udara AS itu membantu pasukan Kurdi merebut kembali wilayah yang hilang, termasuk kawasan Qaraj yang berhasil direbut kembali pada Minggu (24/8/2014).

Meski telah menggelar puluhan serangan udara dan sudah banyak didesak untuk mengirimkan pasukannya untuk memerangi ISIS, hingga saat ini AS belum memperluas operasi militernya di Irak utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com