Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Unggah Video Serangan Udara terhadap ISIS ke Internet

Kompas.com - 09/08/2014, 23:14 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Komando Tertinggi AS (Centcom) mengunggah sejumlah video ke situs YouTube terkait serangan udara terhadap Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dan bantuan kemanusiaan terhadap pengungsi etnis Yazidi.

Dua video yang diunggah Centcom memperlihatkan jet F/A-18C Hornet menghantam dua artileri milik ISIS pada Jumat (8/8/2014).

"Serangan pertama terjadi pada sekitar pukul 06.45 waktu AS ketika dua jet F/A-18 dengan dua buah bom berpemandu laser seberat 250 kilogram menghantam dua mobil artileri ISIS di dekat Arbil, ibu kota wilayah Kurdistan," demikian pernyataan Pemerintah AS.

"ISIS menggunakan artileri itu untuk menghujani pasukan Kurdi yang mempertahankan Arbil, di mana personel militer AS ditempatkan," tambah Pemerintah AS.

Juru Bicara Gedung Putih Josh Earnest mengatakan, serangan militer AS akan difokuskan untuk melindungi warga AS dan terkait situasi kemanusiaan di pegunungan Sinjar, tempat warga etnis Yazidi mengungsi.

Dua serangan lain terjadi pada hari yang sama ketika empat jet F/A-18 menghancurkan konvoi tujuh kendaraan ISIS dan sebuah posisi mortir di dekat kota Arbil.

Selain video dua serangan itu, Centcom juga mengunggah video saat AS menjatuhkan bantuan untuk warga Yazidi yang mengungsi di pegunungan. Bantuan itu berupa 5.300 galon air bersih dan 8.000 paket makanan.

"Pesawat pengangkut terbang rendah di atas lokasi penerjunan bantuan kurang dari 15 menit," demikian Pemerintah AS.

Ribuan warga etnis minoritas Yazidi mengungsi di pegunungan sekitar kota Sinjar yang jatuh ke tangan pasukan ISIS awal pekan ini. Demi menghindari kejaran ISIS, ribuan orang itu terpaksa mengungsi tanpa perbekalan yang memadai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com