Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Polisi Antisipasi Kerusuhan Usai Laga Brasil Vs Kolombia

Kompas.com - 04/07/2014, 16:20 WIB
FORTALEZA, KOMPAS.com - Pemerintah Brasil mengerahkan ribuan aparat keamanan untuk mengamankan pertandingan perempat final Piala Dunia 2014 antara Brasil melawan Kolombia di kota Fortaleza, Jumat (4/7/2014) sore waktu setempat.

Pengetatan keamanan ini diberlakukan karena pemerintah khawatir kerusuhan akan pecah jika Brasil menelan kekalahan atas lawannya. Ribuan polisi dan tentara akan mengamankan wilayah di sekitar Stadion Castelao, Fortaleza yang berkapasitas 64.846 penonton itu.

Tak hanya polisi dan tentara, tim penjinak bom juga dikerahkan untuk mengantisipasi penggunaan bom rakitan oleh kelompok-kelompok penentang Piala Dunia.

Kelompok-kelompok ini sebelumnya telah mengancam akan menggunakan kekerasan terkait pembayaran upah pegawai pemerintah yang kontras dengan anggaran 10 miliar poundsterling yang dikucurkan untuk perhelatan Piala Dunia 2014 dan Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro.

Tak hanya di Fortaleza, keamanan ketat juga dikerahkan di Rio de Janeiro, karena puluhan ribu orang akan memadati pantai Copacabana untuk menyaksikan laga Selecao melalui layar raksasa.

Di seluruh 12 kota penyelenggara pertandingan, kepolisian Brasil mengerahkan sedikitnya 100.000 petugasnya didukung dengan kekuatan udara dan laut.

Pemerintah bahkan mengerahkan senjata anti-serangan udara ke sekitar stadion dan pesawat komersial dilarang mendarat di delapan bandara yang berada di dalam zona larangan terbang dengan radiue empat mil laut. Larangan ini akan berlaku satu jam sebelum pertandingan digelar dan akan berlaku selama 4-5 jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com