Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Truk Meledak di Nigeria Utara, Puluhan Tewas

Kompas.com - 01/07/2014, 17:50 WIB
ABUJA, KOMPAS.com - Sebuah truk berisi arang meledak di sebuah pasar di kota Maiduguri, wilayah barat laut Nigeria, Selasa (1/7/2014), dikhawatirkan menewaskan puluhan orang.

Hingga saat ini jumlah korban tewas masih simpang siur, namun kantor berita AFP mengutip saksi mata mengabarkan sedikitnya 15 orang tewas dalam insiden itu.

Daba Musa Yobe, pedangan di dekat pasar lokasi ledakan terjadi mengatakan bom meledak tak lama setelah pasar dibuka sekitar pukul 08.00, sebelum sebagian besar pedagang dan pembeli datang.

Saksa mata lain mengatakan dia melihat sedikitnya 50 orang tergeletak serta lima mobil dan sepeda motor roda tiga dilalap api.

Aparat setempat mengatakan jumlah korban pasti akan lebih banyak jika bom ini meledak di hari-hari biasa bukan di bulan Ramadhan seperti saat ini. Sebab, setelah santap sahur para pedagang dan pembeli biasanya datang ke pasar agak lebih siang dari biasanya.

Meski belum ada kelompok yang menyatakan bertanggung jawab atas insiden itu, namun tudingan langsung mengarah ke Boko Haram yang sejak 2009 memberontak terhadap pemerintah pusat Nigeria.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com